BCA Buka Peluang Kerja Sama dengan WeChat Pay dan Alipay

Annisa ayu artanti    •    Selasa, 15 Jan 2019 20:34 WIB
bcafintech
BCA Buka Peluang Kerja Sama dengan WeChat Pay dan Alipay
Illustrasi. Dok: AFP.

Jakarta: PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) memberi sinyal untuk membuka kesempatan untuk bekerja sama dengan penyedia jasa pembayaran digital asal Tiongkok seperti Alipay dan WeChat Pay. 

Hal itu diutarakan Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja karena saat ini dia telah mengutus anak buahnya untuk menggodok kemungkinan kerja sama tersebut.

"Nah itu yang kita lagi kita godok internal," kata Jahja di kawasan SCBD, Jakarta, Selasa, 15 Januari 2019.

Jahja menjelaskan alasan BCA mau bekerja sama dengan WeChat Pay dan Alipay untuk mengimplementasikan imbauan Bank Indonesia, di mana Indonesia harus ramah wisatawan mancanegara. 

Kerja sama degan WeChat Pay dan Alipay merupakan bentuk fasilitas yang diberikan perbankan dalam mempermudah transaksi wisatawan

"Mereka minta supaya kita bisa sediakan agar traveler-traveler dari Tiongkok bisa datang menggunakan Wechat Pay dan Alipay," sebut dia. 

Selain itu, Jahja menuturkan, latar belakang dari kerja sama yang akan dilakukan karena Alipay dan WeChat Pay hanya merupakan perusahaan di bidang issuer.. 

Sedangkan, untuk memproses data atau uang elektronik dari Alipay dan WeChat Pay membutuhkan lembaga atau bank yang bertindak sebagai acquirer. BCA berencana untuk mengambil posisi sebagai acquirer dan menyiapkan jaringan di Indonesia.

"Mereka ini kan membutuhkan acquirer. Jadi bisnis itu kan ada acquirer ada issuer. Acquirer itu kan belum punya network yang besar nah mereka minta supaya kita bisa sediakan," tukas dia.


(SAW)