RUPS 20 Maret

Akusisi 40% Saham, MUFG Minta Restu Pemegang Saham Bank Danamon

Dian Ihsan Siregar    •    Senin, 12 Feb 2018 20:40 WIB
bank danamon
Akusisi 40% Saham, MUFG Minta Restu Pemegang Saham Bank Danamon
Bank Danamon. ANT/Yudhi Mahatma.

Jakarta: Pada 20 Maret 2018 PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN) atau Bank Danamon bakal menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Pada rapat tersebut, akan ada permintaan persetujuan pemegang saham ‎terkait penambahan kepemilikan Bank of Tokyo Mitsubishi UFJ Ltd (MUFG) menjadi 40 persen. Posisi saat ini, MUFG baru meraih 19,9 persen saham di Danamon.

‎"Persetujuan untuk BTMU memiliki 40 persen saham akan kami ajukan pada RUPS yang akan kami adakan pada 20 Maret mendatang," ungkap Direktur Kepatuhan Bank Danamon, Rita Mirasari di Menara Bank Danamon, Jakarta, Senin, 12 Februari 2018.

Setelah mendapatkan persetujuan pemegang saham, dia mengaku, MUFG bakal mengajukan izin ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menjadi Pemegang Saham Pengendali (PSP). ‎Rita memastikan, perusahaan akan mengikuti aturan yang telah ditentukan oleh OJK.

‎‎Direktur Keuangan Bank Danamon, Satinder Ahluwalia menuturkan, proses pengambilalihan saham Bank Danamon oleh MUFG akan sesuai aturan. Karena itu, perusahaan meminta MUFG hanya ambil alih 40 persen.

‎"Sekarang ini aturan maksimal kepemilikan saham (asing) itu 40 persen. Karena itu, pada step kedua, kami minta MUFG hanya ambil alih 40 persen. Ikuti aturan yang ada, itu yang penting. Kalau mereka minta di atas itu sulit," tegas dia yang menambahkan tidak ingin berpikir jauh terkait minat MUFG untuk menguasai 73,8 persen saham Danamon.

Untuk tahap awal MUFG akan membeli 19,9 persen dari total saham Danamon yang sudah diterbitkan dengan harga Rp8.323 per saham. Setelah penyelesaian tahap satu, MUFG akan membeli tambahan 20,1 persen saham dari total saham yang sudah diterbitkan oleh Danamon, dengan tunduk pada persetujuan regulator dan pihak lainnya yang relevan.

Setelah diselesaikannya tahap kedua, MUFG bermaksud untuk mendapatkan persetujuan-persetujuan yang diperlukan untuk meningkatkan kepemilikannya di Danamon di atas 40 persen, dari total saham yang sudah diterbitkan oleh Danamon, dan hal ini akan memberikan kesempatan bagi pemegang saham Danamon lainnya untuk tetap menjadi pemegang saham atau menerima uang tunai dari MUFG.



(SAW)


Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

2 days Ago

Kepailitan Sariwangi AEA dan anak usahanya yaitu PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung (…

BERITA LAINNYA