Rupiah Diharapkan Bertahan di Posisi Penguatan

Dian Ihsan Siregar    •    Rabu, 06 Dec 2017 09:19 WIB
kurs rupiah
Rupiah Diharapkan Bertahan di Posisi Penguatan
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

Jakarta: Mata uang rupiah diharapkan dapat bertahan di posisi kenaikan di tengah banyaknya sentimen positif terhadap dolar Amerika Serikat (USD).‎ Sejumlah sentimen positif diharapkan bisa terus berdatangan, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri agar memperkuat kondisi untuk rupiah bisa terus menguat.

‎"Di sisi lain, masih adanya sentimen positif dari dalam negeri diharapkan dapat membantu bertahannya rupiah," ujar Analis Senior Binaartha Sekuritas Reza Priyambada, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta, Rabu, 6 Desember 2017.

Meski demikian, lanjut dia, waspadai terhadap sentimen yang dapat menahan rupiah bergerak positif. Rupiah diperkirakan akan bergerak di kisaran support Rp13.530 per USD, sedangkan posisi resisten akan berada di Rp13.510 per USD.

Sepanjang perdagangan Selasa, 5 Desember 2017, nilai tukar rupiah berhasil menguat naik lima poin atau setara 0,04 persen ke posisi Rp13.522 per USD. Penguatan rupiah seiring mulai menguatnya USD dengan mulai adanya optimisme akan pengesahan program reformasi pajak AS.

"Masih adanya imbas dari rilis inflasi sebelumnya masih membuat pergerakan rupiah bertahan di zona hijaunya," jelas dia.

Lebih lanjut, tambahnya, meski gerak euro dan GBP kembali melemah terhadap USD, sejalan belum adanya kesepakatan negosiasi Brexit, tapi tidak menghalangi penguatan rupiah. "Lalu rupiah juga dipengaruhi sentimen positif dari pembentukan sejumlah holding," pungkas dia.


(ABD)