Cari Penyebab Gangguan Datafeed, Bursa Butuh Dua Jam

Dian Ihsan Siregar    •    Senin, 10 Jul 2017 15:58 WIB
ihsgbei
Cari Penyebab Gangguan <i>Datafeed</i>, Bursa Butuh Dua Jam
Illustrasi (ANT/M Agung Rajasa).

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bursa Efek Indonesia (BEI) membutuhkan waktu dua jam untuk menemukan akar permasalahan gangguan datafeed yang terjadi pada perdagangan saham pagi tadi. Namun demikian, data transaksi perdagangan yang terjadi masih tersimpan dalam JATS.

"Kita sudah mensinyalir permasalahannya, dalam dua jam ke depan kita harap mendapat informasi detail problem yang menjadi penyebab sistem pada pagi ini," ujar ‎Direktur IT BEI Sulistyo Budi, ‎ditemui di Gedung BEI, SCBD Sudirman, Jakarta, Senin 10 Juli 2017.

baca : Gangguan Datafeed Sebabkan Volatilitas Perdagangan Saham

‎Direktur Utama BEI Tito Sulistio mengatakan, masih belum menghitung kerugian yang bersifat materiil dari tertundanya perdagangan pagi ini. Saat ini, bursa masih akan fokus kepada kelancaran transaksi perdagangan. Dengan adanya kejadian ini, Tito berkomitmen penuh dalam meningkatkan kinerja bursa. 

"‎Saya harus mengatakan bahwa ini tidak bicara kerugian materil buat bursa. Tapi harus diakui ini satu hal bursa harus terus kembangkan," jelas Tito.

Atas nama bursa, Tito memohon maaf atas kejadian semacam ini. "Kami akan terus berupaya supaya tidak terjadi lagi," tegas Tito.

Masalah sistem gangguan datafeed bukan pertama kalinya dialami bursa. Masalah itu pernah terjadi di 2009 dan 2011. Saat itu, sistem perdagangan tak mengalami gangguan hanya sistem datafeed yang mengalami gangguan. 




(SAW)