IPO, Terregra Asia Energi Lepas 550 Juta Saham

Dian Ihsan Siregar    •    Selasa, 16 May 2017 09:20 WIB
beipasar modalipo
IPO, Terregra Asia Energi Lepas 550 Juta Saham
Ilustrasi (FOTO ANTARA/Rosa Panggabean)

Metrotvnews.com, Jakarta: P‎T Terregra Asia Energy bakal mencatatkan saham perdana atau Initial Public Offering (IPO) ‎di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, pada pagi ini. Dengan demikian perseroan resmi menjadi emiten kedelapan di 2017, atau ke-543 yang sudah listing di bursa.

Langkah IPO perseroan di pasar modal dengan melepas saham sebanyak-banyaknya 550 juta saham.‎ N‎ilai nominal saham yang dipatok dengan harga Rp100 per saham, sedangkan harga ‎IPO yang dilepas ke publik sebesar Rp200 per saham.

Proses IPO perseroan direalisasikan di Gedung BEI, Jakarta, Selasa 16 Mei 2017, bertepatan dengan pembukaan perdagangan saham di pasar modal Indonesia. Perusahaan dengan kode emiten TGRA ini akan meraup dana segar Rp110 miliar dari proses hajatan IPO tersebut.

Adapun penjamin pelaksana emisi efek IPO Terregra Asia Energy, yakni PT Lautandhana Securindo dan PT Mega Capital Sekuritas. Penjamin emisi efek adalah ‎PT Erdhika Elit Sekuritas, PT KGI Sekuritas Indonesia, PT Magenta Kapital Indonesia, PT Trimegah Sekuritas Indonesia, PT Shinhan Sekuritas Indonesia, PT Philip Sekuritas Indonesia, dan PT Profindo Sekuritas Indonesia.

Catatan Metrotvnews.com, dana hasil dari IPO sebanyak Rp82,5 miliar setelah dikurangi biaya emisi saham rencananya sebanyak 97 persen akan digunakan penyertaan modal ke anak usaha untuk kebutuhan porsi pembiayaan dalam proyek Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTMH) dan belanja modal untuk penguasaan, pembebasan lahan, pengembangan proyek pada seluruh proyek pembangkit listrik, sisanya untuk modal kerja perseroan.

PT Terregra Asia Energy didirikan pada 1995 dengan nama PT Mitra Megatama Perkasa. Ruang lingkup kegiatan usaha PT Terregra Asia Energy adalah bergerak di bidang ketenagalistrikan, perdagangan, pembangunan dan jasa yang berhubungan dengan pembangkit listrik.

Sebelum Penawaran Umum Perdana, saham PT Terregra Asia Energy dimiliki oleh PT Terregra Asia Equity sebesar 58 persen, Lasman Citra sebesar12,5 persen, Djani Sutedja sebesar 12,5 persen, Iwan Sugiarjo sebesar 8,05 persen, Roy Petrus Chalim sebesar 4,45 persen, PT Surya Fajar Capital sebesar 3 persen, dan Christin Soewito sebesar 1,5 persen.

 
 


(ABD)