BEI Kaji Besaran 1 Lot jadi 20-50 Saham

Annisa ayu artanti    •    Jumat, 29 Jun 2018 15:28 WIB
beipasar modal
BEI Kaji Besaran 1 Lot jadi 20-50 Saham
Ilustrasi. (Foto: Antara/Akbar Nugroho).

Jakarta: PT Bursa Efek Indonesia (BEI) akan mengkaji kembali perampingan satuan perdagangan atau lot size untuk meningkatkan transaksi dan likuiditas saham. Rencananya, dari 100 saham per lot menjadi sekitar 20-50 saham per lot.

Direktur Utama BEI Inarno Djajadi mengatakan melalui pemangkasan satuan tersebut bisa mendapatkan likuiditas pasar yang lebih baik. "Kami akan mengkaji kembali besaran satu lot," kata Inarno di Kantor BEI, Jakarta, Jumat, 29 Juni 2018.

Sementara itu, Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa Laksono Widodo menambahkan awalnya saham satu lot terdiri dari 500 saham dan dirampingkan menjadi 100 saham.

Perampingan satuan ini akan membuat harga lebih murah sehingga investor dengan modal kecil juga bisa membeli saham. Intinya, membuat perdagangan saham lebih likuid.

"Supaya harga lebih murah, kami akan mengubah ukuran lot sekitar 50 sampai 20 saham. Sekarang kan 100 saham per lot," jelas Laksono.

"Ini agar affordable. Buat orang dengan modal kecil bisa main saham," imbuh Laksono.

Rencananya penerapan satuan perdagangan yang baru ini akan diterapkan tahun depan setelah percepatan penyelesaian transaksi bursa (settlement) dari T+3 menjadi T+2 selesai diterapkan tahun ini.

Seperti diketahui, direksi baru BEI memiliki tiga poin visi yang akan dijalankan selama tiga tahun kedepan. Salah satu poin yang akan dilakukan adalah meningkatkan transaksi dan likuiditas. Perampingan satuan perdagangan ini adalah salah satu strategi yang akan dilakukan.

 


(AHL)


Perang Dagang AS-Tiongkok Tidak Pengaruhi Ekspor Indonesia

Perang Dagang AS-Tiongkok Tidak Pengaruhi Ekspor Indonesia

1 hour Ago

Perang dagang yang kini tengah berkecamuk antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok secara langs…

BERITA LAINNYA