Nilai Amnesti Pajak yang Masuk ke Pasar Modal Masih Minim

Dian Ihsan Siregar    •    Kamis, 13 Oct 2016 13:29 WIB
tax amnesty
Nilai Amnesti Pajak yang Masuk ke Pasar Modal Masih Minim
Direktur Utama KSEI Friderica Widyasari Dewi. (FOTO: ANTARA/Dhoni Setiawan)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) mencatat jumlah rekening khusus amnesti pajak (tax amnesty) masih sangat minim. Minimnya jumlah rekening karena dana peserta amnesti pajak masih ada di bank gateway, sehingga belum tersalurkan untuk diinvestasikan di pasar modal Indonesia.

Menurut Direktur Utama KSEI Frederica Widyasari Dewi, peserta amnesti pajak banyak yang masih mengurus dokumen dalam mengejar periode satu yang lalu. Dengan demikian belum ada dana yang keluar dari perbankan, dan disalurkan ke investasi saham.

"Begini, orang kan mengejar periode I, orang ribet mengurus dokumen dan lain-lain berbondong-berbondong. Jadi, saya melihatnya itu masuk ke bank gateway dulu, baru nanti keluar, disalurkan," ujar Frederica, ‎ditemui di ‎Gedung BEI, SCBD Sudirman, Jakarta, Kamis (13/10/2016).

Kiki sapaan akrabnya mengatakan, jumlah dana yang tercantum dalam rekening dana nasabah (RDN) khusus masih di bawah Rp100 miliar. Meski begitu, dia optimistis, ketika dokumen terselesaikan, maka angka itu akan bertambah.

"Belum banyak sih, saya belum bisa menyebut angka tapi belum banyak. RDN di bawah Rp100 miliar," ucap Kiki.

Peserta amnesti pajak, Kiki menekankan, sudah memiliki perhitungan dalam menempatkan dananya di produk investasi pasar saham. Mereka itu sudah cukup cerdas dalam mengalokasikan investasinya.

"Kita lihat kan mereka orang-orang yang pinter lah ya. Jadi mereka pasti tahu mesti mau ke mana, mau saham, ke bond, dan lain-lain," tutup Kiki yang juga pernah menjadi Direksi di PT Bursa Efek Indonesia (BEI).


(AHL)