MNC Sekuritas-Bank Sinarmas Luncurkan Layanan Rekening Saham Instan

Annisa ayu artanti    •    Senin, 27 Nov 2017 10:21 WIB
mnc grouppasar modalkseibank sinarmas
MNC Sekuritas-Bank Sinarmas Luncurkan Layanan Rekening Saham Instan
Suasana peluncuran layanan rekening saham instan MNC Sekuritas dan Bank Sinarmas (Foto: MTVN/Annisa Ayu Artanti)

Jakarta: PT MNC Sekuritas menggandeng PT Bank Sinarmas Tbk (BSIM) meluncurkan layanan rekening saham instan yang diyakni akan mempermudah investasi di pasar modal. Kerja sama tersebut sejalan dengan tingkat inklusi pasar modal di 2016 yang masih rendah yakni di bawah dua persen.

Direktur Utama MNC Sekuritas Susy Meilina mengatakan sinergi ini merupakan tindak lanjut dari kerja sama yang telah dijalin sebelumnya antara PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Adapun kerja sama itu dalam pemanfaatan Nomor lnduk Kependudukan (NIK), Data Kependudukan dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP).  Berinvestasi saham akan lebih mudah karena memanfaatkan data dukcapil tersebut.

Dalam waktu singkat, perwakilan nasabah pengguna layanan rekening saham instan memperoleh nomor Rekening Dana Nasabah (RDN). Setelah nasabah melakukan top-up dana ke RDN tersebut, nasabah akan memperoleh user id, password, dan pin untuk Iogin ke aplikasi online trading MNC Sekuritas MNC Trade.  

"Kami meluncurkan layanan rekening saham instan. Generasi milenial semakin mendominasi, pemanfaatan teknologi, dan data yang semakin terintegrasi seharusnya membantu proses pembukaan rekening saham menjadi lebih cepat, mudah, dan nyaman," kata Susy, di Gedung BEI, Jalan Sudirman, Jakarta, Senin 27 November 2017.

Susy menjelaskan Iayanan rekening saham instan akan membantu pertumbuhan nasabah MNC Sekuritas dengan cepat. Susy menargetkan MNC Sekuritas memiliki 40.000 orang nasabah pada 2018 mendatang.

Saat ini, MNC Sekuritas teiah memiliki lebih dari 27.200 nasabah secara year-to-date (ytd) per Oktober 2017. Artinya tercatat pertumbuhan sebesar sekitar 45 persen dibandingkan dengan jumlah nasabah pada akhir 2016 sebanyak 18.800 nasabah.

Di sisi lain, Presiden Bank Sinarmas Frenky Tirtowijoyo mengungkapkan, realisasi Bank Sinarmas menjadi administrator RDN dilakukan untuk melengkapi portofolio di industri keuangan. Selain itu, pihaknya juga mendukung peningkatan jumlah nasabah bank yang berinvestasi.

"Banyak nasabah bank yang ingin menjadi investor di pasar modal, dan dapat melalui Bank Sinarmas bersama MNC sekuritas saat ini. Keunggulan dari kolaborasi kami adalah pembukaan RDN online dapat dilakukan hanya dalam waktu kurang dari 15 menit, di mana biasanya pembukaan RDN bisa memakan waktu satu sampai hari," ungkapnya.

Hingga saat ini Bank Sinarmas telah melakukan kerja sama dengan beberapa perusahaan sekuritas, tapi baru kali ini pembukaan rekening dengan MNC Sekuritas yang membutuhkan waktu kurang dari 15 menit.

Direktur Utama KSEI Friderica Widyasari Dewi menyatakan, Iayanan ini sejalan dengan program kerja KSEI dan OJK yakni Simplifikasi Pembukaan Rekening dan Pemanfaatan Data Kependudukan di Ditjen Dukcapil untuk mempercepat dan mempermudah proses pembukaan rekening Efek, Single Investor Identication (SID), dan pembukaan RDN.

"KSEI berharap semakin banyak perusahaan sekuritas dan perbankan yang melakukan inisatif pemanfaatan data kependudukan untuk mempercepat proses pembukaan rekening yang sebelumnya bisa berhari-hari, sekarang menjadi kurang dari satu jam," kata Friderica.

Friderica menambahkan, hal ini akan sangat membantu calon investor di daerah yang ingin berinvestasi di pasar modal.  "Dengan adanya terobosan ini, diharapkan jumlah investor akan semakin bertambah, terutama investor Iokal individu, dan peran pasar modal terhadap perekonomian Indonesia menjadi lebih besar dari sebelumnya," pungkas Friderica.


(ABD)


Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

2 days Ago

Kepailitan Sariwangi AEA dan anak usahanya yaitu PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung (…

BERITA LAINNYA