Pasar Modal Belum Teraliri Dana Repatriasi Amnesti Pajak

Dian Ihsan Siregar    •    Selasa, 20 Sep 2016 15:00 WIB
tax amnesty
 Pasar Modal Belum Teraliri Dana Repatriasi Amnesti Pajak
Illustrasi.ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay.

Metrotvnews.com, Jakarta: Periode pertama program pengampunan pajak berlaku sejak Juli-September 2016. Namun, sudah berjalan tiga bulan, tidak ada satu pun peserta program pengampunan pajak yang memilih pasar modal sebagai pintu masuk (gateway) untuk penempatan dana repatriasi.

Direktur Utama PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) Friderica Widyasari mengatakan, sampai saat ini, belum ada rekening dana nasabah (RDN) khusus terkait dana repatriasi. Dana repatriasi banyak ditempatkan ke bank persepsi. 

"Belum ada RDN khusus terkait dana repatriasi. Pelaku pasar masih mempertimbangkan instrumen yang akan dipilih.‎ K‎arena mereka harus memastikan instumen yang cocok untuk ditempatkan selama tiga tahun," jelas Friderica, ditemui di Gedung BEI, SCBD Sudirman, Jakarta, Selasa (20/9/2016).

Meski begitu, Kiki sapaan akrabnya menyebutkan, industri keuangan ‎telah siap menampung dana repatrasi. Hal itu terlihat dari peningkatkan jumlah bank RDN. 

"‎Sekarang ada tambahan dua bank RDN yakni Bank Sinar Mas dan Bank Nobu sehingga terdapat 11 bank RDN," tegas Kiki‎.

Di tempat yang sama, Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nurhaida ingin memastikan terlebih dahulu kepada 19 perusahaan sekuritas (broker) dan 18 manajer investasi (MI) yang ingin menjadi gateway dana repatriasi.‎ 

"‎Kalau mereka (pelaku pengampunan pajak) memilih di instrumen keuangan akan dibuatkan RDN khusus, cuma saat ini kami lihat dulu ke broker," ungkap Nurhaida.

Nurhaida menekankan, perlu waktu yang cukup panjang bagi pelaku amnesti pajak untuk menempatkan dana repatriasi ke pasar modal. Pasalnya, sebelum masuk ke pasar modal, dana repatriasi harus masuk ke bank persepsi, dan setelah itu mencari produk investasi.

"Nah ini mungkin masih tahap itu, setelah itu  baru memilih broker atau manajer investasi,"‎ pungkas Nurhaida.



(SAW)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA