Pabrik di Tuban Buat Holcim Lebih Hemat

Dian Ihsan Siregar    •    Kamis, 26 May 2016 19:51 WIB
holcim indonesia
Pabrik di Tuban Buat Holcim Lebih Hemat
Direktur Keuangan (Dirkeu) Holcim Indonesia Mark Schmidt. MTVN/Dian IS.

Metrotvnews.com, Jakarta: Pabrik semen milik PT Holcim Indonesia Tbk (SMCB)‎ di Tuban II, Jawa Timur telah selesai dibangun. Oleh karena itu, dana belanja modal (capex) di tahun ini tidak setinggi dengan alokasi tahun sebelumnya.

‎Direktur Keuangan (Dirkeu) Holcim Indonesia Mark Schmidt menuturkan dana capex pada tahun ini tidak lebih besar dari dana belanja modal di tahun-tahun sebelumnya. Holcim Indonesia telah menghabiskan dana capex sebesar Rp1 triliun pada tahun lalu.

"Dana capex kami lebih rendah di tahun ini. Itu jauh, bahkan sangat jauh dari sepanjang tahun-tahun yang lalu," tutur Mark, ditemui usai public expose Holcim Indonesia di Menara 165, Jakarta, Kamis (26/5/2016).

Dana capex di tahun ini, ‎menurut Mark, lebih banyak dialokasikan perampungan penampungan semen (terminal) di Lampung yang telah terselesaikan sejak April 2016. Dana pembangunan terminal semen tersebut mencapai Rp300 miliar.



pabrik holcim di tuban


‎"Kami bangun di Lampung, karena kami baru selesai bangun pabrik semen kedua di Tuban. Itu untuk distribusi ke Sumatera, nah terminal di Lampung akan menjadi center distribution di wilayah Sumatera," kata Mark.

Dia menjelaskan pembangunan terminal semen di Lampung untuk mempermudah penjualan semen di wilayah Sumatera, khususnya Sumatera Selatan yang akan menjadi tulang punggung bisnis perseroan.

"Nanti Sumatera kita koneksinya ke Lampung. Pastinya kita akan punya eksistensi yang lebih besar di Sumatera Selatan,"‎ ‎ungkap Mark.

Mark mengatakan, sumber dana capex akan diperoleh dari kas internal. Karena, pada tahun sebelumnya perseroan sudah meminjam dana ke perbankan untuk membangun pabrik semen Tuban II yang menghabiskan ‎dana sebesar USD300 juta.

"Pabrik Tuban II banyak butuh dana dari perbankan. Setelah beroperasi, ada dana pemasukan dari operasional (Pabrik Tuban II).  Itu merupakan siklusnya," jelas Mark.

Saat ini, Holcim Indonesia memiliki beberapa terminal semen di Indonesia, terdiri dari satu terminal di Pontianak, satu terminal di Belawan, dua terminal di Batam, dan dua terminal di Dumai. Terminal ini merupakan ujung tombak merealisasikan distribusi semen.


(SAW)