Usai Listing, Saham Sentra Food Melesat 68,89%

Annisa ayu artanti    •    Selasa, 08 Jan 2019 10:25 WIB
ihsgemitenbeipasar modalipo
Usai <i>Listing</i>, Saham Sentra Food Melesat 68,89%
Manajemen Sentra Food Indonesia saat melakukan IPO (Foto: Medcom.id/Annisa Ayu Artanti)

Jakarta: PT Sentra Food Indonesia Tbk menjadi emiten pertama yang mencatatkan sahamnya atau melakukan aksi korporasi berupa Initial Public Offering (IPO) di 2019. Saat pertama kali dicatatkan, saham Sentra Food Indonesia langsung melesat 68,89 persen.

Perusahaan berkode FOOD ini melepaskan 150 juta lembar saham atau setara 33,33 persen dari modal ditempatkan dan menawarkan harga Rp135 per lembar saham. Dengan demikian dari aksi ini Sentra Food Indonesia meraup dana segar Rp20,2 miliar.

Saat listing perdana, saham perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan daging ini meningkat dari awal penawaran Rp135 menjadi Rp228. Saham tersebut ditransaksikan sebanyak satu kali dengan volume 15 lot. Artinya untuk sementara FOOD memperoleh dana segar Rp342 ribu.

"Sentra Food akan jadi pertama di 2019 dan (menjadi emiten ke) 620 di BEI saat ini dan jadi momen membahagiakan bagi Sentra Food atas transformasi yang dilakukan dari private ke publik," kata Direktur Pengembangan BEI Hasan Fawzi, di Gedung BEI, Jakarta, Selasa, 8 Januari 2018.

Presiden Director Agustus Sani Nugroho menjelaskan dana yang diperoleh dari aksi IPO ini digunakan untuk meningkatkan setoran modal ke perusahaan anak yakni Kemang Food Industries (Kemfood) setelah dikurangi biaya emisi dan pembelian bahan baku daging dan bahan pembantu lain.

Kemfood akan meningkatkan kapasitas produksi dari 150 ton per bulan menjadi 200 ton per bulan. Di 2018, Sentra Food Indonesia menargetkan penjualan dan laba masing-masing sebesar Rp137 miliar dan Rp3,7 miliar. Perusahaan menunjuk PT Jasa Utama Caputal Wekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi efek.


(ABD)


Trump Prediksi AS-Tiongkok Capai Kesepakatan
Akhiri Perang Dagang

Trump Prediksi AS-Tiongkok Capai Kesepakatan

1 day Ago

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memprediksi Amerika Serikat akan mencapai kesepakata…

BERITA LAINNYA