Awal Desember

Rupiah Diproyeksikan Lanjutkan Penguatan

Dian Ihsan Siregar    •    Senin, 04 Dec 2017 09:53 WIB
kurs rupiah
Rupiah Diproyeksikan Lanjutkan Penguatan
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

Jakarta: Nilai nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada perdagang hari ini diproyeksikan melanjutkan tren penguatan jangka pendek. Hal itu karena sejalan dengan adanya proyeksi positif pelaku pasar terhadap data makroekonomi yang akan dirilis Badan Pusat Statistik (BPS).

Menurut Analis Senior Binaartha Sekuritas Reza Priyambada pengumuman sejumlah data makroekonomi oleh BPS diperkirakan membantu rupiah untuk tetap bertahan di jalur apresiasi. Sejumlah sentimen positif diharapkan bisa terus berdatangan dan memberi efek positif terhadap gerak nilai tukar rupiah.

"Rupiah diharapkan bergerak menguat, seiring masih adanya sejumlah sentimen positif dari dalam negeri dan memanfaatkan terdepresiasinya USD," ucap Reza, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta, Senin, 4 Desember 2017.

Meski demikian, Reza mengaku, ‎pelaku pasar disarankan untuk tetap mencermati dan mewaspadai berbagai sentimen yang bisa menghalangi potensi penguatan rupiah, terutama imbas rilis data-data ekonomi pekan ini.

"Rupiah diperkirakan bergerak di level support Rp13.538 per USD, sedangkan posisi resisten akan berada di Rp13.487 per USD," jelas Reza. Pada Kamis, 30 November 2017, Reza mengatakan, mata uang negeri Paman Sam sempat ‎terdepresiasi, sehingga beberapa mata uang hard currency mampu menguat.

Gerak‎ rupiah menutup akhir November cenderung stagnan, meski terdapat sentimen positif dari berita mengenai realisasi penerimaan pajak seperti realisasi penerimaan pajak tercatat sebesar 78 persen atau sekitar Rp1.148 triliun dari target Rp1.472 triliun di November 2017

Di sisi lain, pergerakan USD cenderung mengalami pelemahan, seiring terapresiasinya euro‎.‎ Pelaku pasar cenderung wait and see terhadap pelaksanaan pembahasan pajak di senat. "Sehingga membuat USD tertekan. Tapi, kurang kuat angkat rupiah naik," pungkas dia.


(ABD)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

1 day Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA