IHSG Pagi Dibuka di Jalur Pelemahan

Angga Bratadharma    •    Selasa, 29 Nov 2016 09:46 WIB
ihsg
IHSG Pagi Dibuka di Jalur Pelemahan
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Metrotvnews.com, Jakarta: Gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan pagi dibuka di jalur pelemahan. IHSG belum mampu bergerak di jalur penguatan dan masih tertekan oleh ketidakpastian ekonomi global, termasuk tertekan sentimen dari rencana kenaikan suku bunga acuan Amerika Serikat (AS).

IHSG Selasa, 29 November, perdagangan pagi dibuka melemah sebanyak 3,36 poin atau setara 0,1 persen ke posisi 5.111. Sedangkan saham unggulan LQ45 melemah sebanyak 1,47 poin atau setara 0,2 persen ke posisi 850 dan JII juga melemah sebanyak 0,23 poin ke posisi 680.

Pagi ini, seluruh sektor bergerak tidak beraturan dalam artian ada yang menguat dan ada yang melemah. Sektor Perkebunan menguat sebanyak 1,38 poin dan sektor properti menguat sebanyak 0,90 persen. Sedangkan sektor konsumer melemah sebanyak 4,63 persen dan sektor manufaktur melemah sebanyak 2,10 poin.

Baca: Sesi Siang, IHSG Masih Bergerak di Jalur Pelemahan

Adapun volume perdagangan pagi tercatat sebanyak 697 juta lembar saham senilai Rp267 miliar. Sebanyak 102 saham mengalami penguatan, sebanyak 44 saham mengalami pelemahan, sebanyak 76 saham tidak mengalami perubahan atau stagnan, dan sebanyak 354 saham tidak mengalami perdagangan.


Sumber: IMQ21

Sementara itu, Kepala Analis PT Asjaya Indosurya Securities William Suryawijaya‎ menerangkan, gerak indeks di hari ini berpeluang melanjutkan koreksi wajar, setelah kemarin melemah 0,1 persen dari penutupan transaksi akhir pekan lalu.

Baca: Gerak Indeks Coba Terobos Fase Konsolidasi

"Se‎jauh ini proses konsolidasi minor tetap membayangi laju IHSG. Peluang koreksi wajar dapat dimanfaatkan sebagai momentum melakukan akumulasi pembelian," ungkap William.

Baca: IHSG Melemah 7,53 Poin

Investor, lanjut William, disarankan untuk melakukan aksi beli saham-saham unggulan, mengingat dalam jangka panjang IHSG masih berada dalam pola uptrend. "Pada ‎saat ini support teruji berada pada level 5.069 dengan target resistance di posisi 5.272. Hari ini IHSG berpotensi menguat," tutup William.

 


(ABD)