Transaksi di BEI Capai Rp6 Triliun/Hari di Triwulan III

Amaluddin    •    Sabtu, 26 Nov 2016 13:34 WIB
bei
Transaksi di BEI Capai Rp6 Triliun/Hari di Triwulan III
Ilustrasi. (Foto: Antara/Puspa Perwitasari).

Metrotvnews.com, Surabaya: PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat transaksi di BEI mengalami peningkatan pada triwulan III-2016. Saat ini, transaksi di BEI mencapai sekitar Rp6 triliun per hari. Jumlah itu lebih besar dari periode sama di 2015 sebesar Rp4 triliun per hari.

Kepala Cabang Kantor Pusat Informasi Go Publik BEI Surabaya Dewi Sriyana mengungkapkan kondisi mikro dan makro sangat mempengaruhi transaksi di BEI.

Menurut dia, transaksi mulai meningkat saat terdapat sosialisasi amnesti pajak di Indonesia, dan sempat menurun saat Donald Trump terpilih menjadi presiden Amerika Serikat.

"Kondisi mikro dan makro cukup pengaruh, demo 4 November kemarin juga sedikit berpengaruh," jelasnya, di Surabaya, seperti diberitakan Sabtu (26/11/2016).

Dia menambahkan, faktor yang paling mempengaruhi transaksi di antaranya adalah indeks pertumbuhan ekonomi, pertahanan keamanan suatu negara, serta stabilitas ekonomi di suatu negara. Hingga 10 tahun terakhir, BEI menyumbang pendapatan 300 persen lebih terhadap bursa efek dunia.

"BEI Indonesia masih dikuasai asing, jadi jika ada kejadian dan lainnya maka mereka gampang keluar," ungkap dia.
 
Dia mengungkapkan, hingga 2020, BEI menargetkan untuk menjadi bursa terbaik di dunia. Selain itu BEI berharap ada penambahan paling tidak sebanyak 1.000 emiten, dan jumlah investor mencapai satu persen dari penduduk Indonesia.

Saat ini jumlah emiten di Indonesia masih sekitar 532 perusahaan, sedangkan jumlah investor dari 200 juta penduduk, baru terpenuhi sekitar satu persen dari jumlah penduduk. Sementara saat ini investor BEI baru 500.000 orang.


(AHL)