Investor Pasar Modal Bisa Capai 6 Juta di 2019

Annisa ayu artanti    •    Senin, 03 Dec 2018 18:08 WIB
beipasar modal
Investor Pasar Modal Bisa Capai 6 Juta di 2019
Bursa - - Foto: MI/Rommy

Jakarta: Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) optimistis pertumbuhan jumlah investor tahun depan akan meningkat signifikan. Bahkan jumlah investor pada 2019 diperkirakan mencapai 6 juta.

Direktur Utama KSEI Friderica Widyasari Dewi mengatakan saat ini jumlah investor sudah mencapai 1,6 juta Single Investor Identification (SID). Jumlah tersebut akan bertambah jika Tabungan Perunahan Rakyat (Tapera) diterapkan.

"Insyaallah. Paling tidak kalau Tapera jadi tambahannya 4,5 juta," kata Friderica disela-sela acara CEO Network 2018, di Kawasan SCBD, Jakarta, Senin 3 Desember 2018.

Friderica menjelaskan Tapera adalah pengganti dari Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan Rakyat Pegawai Negeri Sipil (BapertarumPNS) yang dibubarkan pada Maret lalu. Kehadiran Tapera dipercaya meningkatkan jumlah investor.

Untuk tahap awal, jumlah investor yang akan masuk mencapai 4,5 juta orang. "Tapera kan sebelumnya Bapertarum, anggota Bapertarum sudah 4,5 juta. Jadi nanti kalau di Tapera-kan yang 4,5 juta itu langsung dikasih SID jadi investor di pasar modal. Karena kelolaannya kan dimasukan ke pasar modal," jelas dia.

Meski demikian, Friderica tidak menargetkan pertumbuhan jumlah investor per tahunnya meski secara tren terus mengalamai peningkatan. Pertumbuhan jumlah investor tersebut juga seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan stabilitas nilai tukar rupiah.

"Kita tidak pernah targetin karena itu kan hasil dari semua pihak. Jadi kita melihat pertumbuhannya sangat cepat sangat signifikan bersyukur banget," ungkap Frederica.




(Des)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

3 days Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA