ADHI Bakal Ajukan Kembali Pembayaran Proyek LRT Jabodebek

Annisa ayu artanti    •    Senin, 14 Jan 2019 16:47 WIB
adhi karyaproyek lrt
ADHI Bakal Ajukan Kembali Pembayaran Proyek LRT Jabodebek
Light Rail Transit (LRT). MI/Pius.

Jakarta: PT Adhi Karya Tbk (ADHI) sedang melakukan pengajuan pembayaran untuk pembangunan proyek Light Rail Transit (LRT). Sebelumnya, pada Desember 2018 ADHI telah memperoleh pembayaran kedua LRT Jabodebek tahap I sejumlah Rp2,5 triliun.

"Ini proses lagi, Februari, mengajukan sampai Desember, ini lagi dihitung," kata Direktur Operasi II ADHI Pundjung Setya Brata di Jakarta, Senin, 14 Januari 2019.

Karena masih dalam perhitungan, ADHI belum bisa menaksir jumlah pembayaran yang akan diajukan untuk tahap berikutnya. "Belum-belum, ini lagi dihitung," ucap dia.

Pada 13 Desember, ADHI telah menerima realisasi pembayaran kedua pekerjaan proyek LRT Jabodebek tahap I senilai Rp2,5 triliun di luar pajak dari PT Kereta Api Indonesia (Persero) selaku pengelola proyek LRT Jabodebek.

Pembayaran tersebut dilakukan berdasarkan progres pekerjaan LRT Jabodebek tahap I dari Oktober 2017 sampai dengan Juni 2018.

Selanjutnya, ADHI akan menerima rencana pembayaran ketiga mengacu kepada progres pekerjaan dari Juli 2018 sampai dengan Desember 2018.

Pembayaran LRT Jabodebek dilakukan oleh Pemerintah melalui PT KAI berdasarkan hasil progres pekerjaan yang telah dievaluasi dan diperiksa oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Pembangunan proyek ini terus terlihat pada 30 November 2018 progres pelaksanaan pembangunan prasarana LRT Jabodebek tahap I mencapai 51,1 persen. Sementara progres pembangunan per 4 Januari ADHI mencatat sudah mencapai 56,41 persen.

Adapun rincian proses tersebut adalah lintasan Cawang-Cibubur sudah mencapai 76,21 persen. Lintasan Cawang-Kuningan-Dukuh Atas mencapai 44,19 persen, dan lintasan Cawang-Bekasi Timur mencapai 51,06 persen.

"56,41 persen keseluruhan," sebut Pundjung.



(SAW)


Trump Prediksi AS-Tiongkok Capai Kesepakatan
Akhiri Perang Dagang

Trump Prediksi AS-Tiongkok Capai Kesepakatan

1 day Ago

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memprediksi Amerika Serikat akan mencapai kesepakata…

BERITA LAINNYA