Pasar Ditutup Positif Menyambut 41 Tahun Pasar Modal Indonesia

Angga Bratadharma    •    Sabtu, 11 Aug 2018 10:01 WIB
ihsgbeipasar modal
Pasar Ditutup Positif Menyambut 41 Tahun Pasar Modal Indonesia
Ilustrasi (MI/PANCA SYURKANI)

Jakarta: Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada periode sepekan ini meningkat sebanyak 1,16 persen pada posisi 6.077 dibandingkan dengan posisi 6.007,54 pada pekan sebelumnya. Kapitalisasi pasar Bursa Efek Indonesia (BEI) juga meningkat 1,19 persen menjadi Rp6.850,68 triliun pada penutupan pekan ini dari Rp6.769,96 triliun pada pekan sebelumnya.

Kepala Divisi Komunikasi Perusahaan BEI Oskar Herliansyah mengatakan perubahan dialami pada rata-rata nilai transaksi harian perdagangan BEI yang mencapai 30,55 persen, yaitu sebesar Rp8,15 triliun dibandingkan dengan Rp11,73 triliun pada pekan lalu. Sedangkan rata-rata volume transaksi harian berubah 18,85 persen menjadi 8,83 miliar unit saham.

"Untuk rata-rata frekuensi transaksi harian juga berubah sebanyak 5,58 persen menjadi 402.512 kali transaksi dibandingkan dengan 426.312 kali transaksi pada minggu sebelumnya," ungkap Oskar, seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, di Jakarta, Sabtu, 11 Agustus 2018.

Investor asing melakukan jual bersih pada pekan ini senilai Rp731 miliar. Sepanjang 2018 investor asing sudah melakukan jual bersih senilai Rp48,76 triliun. Pada pekan ini, BEI kembali meresmikan pencatatan saham perdana PT MD Pictures Tbk di papan utama. Perusahaan tercatat dengan kode FILM ini bergerak pada bidang studio perfilman.

"PT MD Pictures Tbk tercatat sebagai Perusahaan ke-31 yang mencatatkan sahamnya di BEI di 2018 ini," ucapnya.



Pada Jumat 10 Agustus, BEI, KPEI, KSEI, dan OJK memperingati 41 Tahun diaktifkannya kembali pasar modal Indonesia di Main Hall BEI. Hadir dalam acara tersebut Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan, Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan, Direksi Self Regulatory Organization (SRO), dan pelaku pasar modal lainnya.

Di sisi lain, melalui Kantor Perwakilan (KP) Palembang, BEI meresmikan Galeri Investasi BEI (GI BEI) pertama di luar Kota Palembang, yaitu di Universitas Baturaja di Kota Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu. Di hari yang sama, Galeri Investasi Syariah BEI (GIS BEI) STIE (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi) La Tansa Mashiro diresmikan.

Satu hari sebelumnya, KP Palembang juga meresmikan GI BEI di Universitas Tridinanti Palembang. Kemudian pada Rabu 8 Agustus telah dilaksanakan peresmian GI BEI Universitas Atmajaya Makassar yang merupakan kerja sama dengan PT RHB Sekuritas Indonesia dan Universitas Atmajaya Makassar, serta Peresmian Galeri Investasi BEI Pasar Ranggagading Bogor.

 


(ABD)


Menkeu Bicara Kesuksesan Penyelenggaraan Pertemuan IMF-WB

Menkeu Bicara Kesuksesan Penyelenggaraan Pertemuan IMF-WB

2 hours Ago

Pertemuan tahunan IMF-World Bank Group 2018 telah resmi ditutup pada Minggu (14/10/2018). Acara…

BERITA LAINNYA