Gerak Rupiah Diperkirakan Balik ke Zona Hijau

Dian Ihsan Siregar    •    Senin, 12 Feb 2018 09:28 WIB
kurs rupiah
Gerak Rupiah Diperkirakan Balik ke Zona Hijau
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Jakarta: Mata uang rupiah berkesempatan untuk kembali menguat terhadap dolar Amerika Serikat (USD). Hal itu dikarenakan adanya beberapa kebijakan di Amerika Serikat. Apabila rupiah justru melemah diharapkan penyusutannya masih bersifat terbatas.

"Adanya harapan rupiah kembali rebound karena akan ada kesepakatan anggaran di Pemerintahan AS yang akhirnya mengurangi volatilitas USD," ujar Analis Senior Binaartha Parama Sekuritas Reza Priyambada‎, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta, Senin, 12 Februari 2018.

Meski ada kesempatan menguat, Reza mengharapkan, pelaku pasar tetap mewaspadai berbagai sentimen yang dapat memicu rupiah kembali mengalami pelemahan. "Rupiah diperkirakan bergerak di kisaran support Rp13.640 per USD, sedangkan posisi resisten rupiah akan berada di Rp13.600 per USD," jelas Reza.

Nilai mata uang Garuda yang melemah belakangan ini, Reza mengaku, seiring masih terapresiasinya USD. Pergerakan USD yang memiliki volatilitas tinggi dipicu oleh kekhawatiran tentang tanda-tanda inflasi di tengah membaiknya latar belakang ekonomi global dan AS.

"Lalu, hingga spekulasi apakah Federal Reserve dan bank sentral utama lainnya akan bertindak lebih cepat untuk menaikkan suku bunga. Itu memberikan dampak ke AS," jelas Reza.

Sementara itu, sentimen positif dari dalam negeri di mana perkiraan BI terhadap surplus Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) yang dapat berlanjut pada kuartal IV-2017, dengan defisit transaksi berjalan yang tetap terkendali, hal itu memberikan pengaruh yang baik tapi kurang memberikan dampak yang kuat bagi rupiah.

Kemudian, potensi lembaga pemeringkat lainnya untuk menaikkan peringkat Indonesia setelah Japan Credit Rating Agency menaikkan peringkat surat utang Indonesia tampaknya kurang juga kuat menghalau pelemahan rupiah.‎ "Pada akhirnya rupiah di zona merah," pungkas dia.


(ABD)


Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

4 days Ago

Kepailitan Sariwangi AEA dan anak usahanya yaitu PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung (…

BERITA LAINNYA