Gejolak Global Buat Investor Pasar Modal Beralih ke SUN

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 04 Oct 2018 20:02 WIB
surat utang
Gejolak Global Buat Investor Pasar Modal Beralih ke SUN
Investasi. Medcom/Rizal.

Jakarta: Pertumbuhan Surat Utang Negara (SUN) diprediksi akan terus meningkat karena investor mulai banyak yang beralih dari berinvestasi di pasar modal menjadi investasi di SUN.

Hal itu disampaikan Analis Artha Sekuritas, Dennies Christoper Jordan lantaran pertumbuhan SUN saat ini sudah mencapai 8,4 persen dan tingkat risiko SUN lebih rendah dibandingkaan pasar modal.

"Hari ini yield SUN juga naik cukup tinggi hingga level 8,3 persen sehingga investor juga ada kecenderungan untuk memindahkan investasinya dari pasar modal ke SUN dengan risiko yang jauh lebih rendah," kata Dennies kepada Medcom.id, Kamis 4 Oktober 2018.

Kecenderungan perpindahan investor dari pasar modal ke SUN, kata Dennies saat ini dipicu karena tertekannya bursa saham akibat kondisi perekonomian global yang terus membayangi perekonomian nasional.

Beberapa sentimen global tersebut adalah memanasnya tensi perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok, perjanjian NAFTA, dan pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD).

"Semua emerging market akan tertekan termasuk Indonesia," ucap dia.

Fokus kepada SUN, lanjut Dennies, peningkatan persentase SUN akan terus terjadi ketika rupiah terus mengalami pelemahan. Namun ia tidak bisa prediksi perkiraan pertumbuhan SUN tersebut,

"Kalau SUN saya tidak bisa prediksi. Kalau rupiah melemah sih pasti SUN akan naik yield-nya," imbuh dia.


(SAW)


Trump Prediksi AS-Tiongkok Capai Kesepakatan
Akhiri Perang Dagang

Trump Prediksi AS-Tiongkok Capai Kesepakatan

1 day Ago

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memprediksi Amerika Serikat akan mencapai kesepakata…

BERITA LAINNYA