Investor Tolak Rencana Reverse Stock ELTY, BEI Serahkan ke Manejemen

Dian Ihsan Siregar    •    Rabu, 06 Jun 2018 16:37 WIB
emiten
Investor Tolak Rencana <i>Reverse Stock</i> ELTY, BEI Serahkan ke Manejemen
Illustrasi. ANT/Rosa Panggabean.

Jakarta: Sebagian Investor pasar modal  PT Bakrieland Development Tbk (ELTY) atau saham milik grup bakrie menolak aksi reverse stock (RS) yang akan dijalankan perusahaan.

Dalam pesan elektronik WhatsApp yang beredar para investor ini akan mengajukan keberatan dan berusaha mengumpulkan 20 persen suara untuk menolak keputusan Bakrie dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB).

"Kita butuh paling tidak 20 persen suara untuk mengalahkan suara Bakrie. Kita kumpulkan data sambil jalan. Dalam waktu 24 jam, dari 100-an anggota sudah mencapai 570 juta lembar saham atau 1,33 persen dari saham beredar," demikian bunyi pesan WhatsApp yang beredar, Rabu, 6 Juni 2018.

Reverse stock ini mengkhawatirkan mengingat adanya ketakutan bahwa harga saham setelah itu akan menjadi lebih kecil setelah aksi itu. Investor pun bergerak untuk melawan aksi perusahaan itu dengan mengajak investor ELTY lainnya untuk melakukan penolakan.

"Kita viralkan agar bisa mencapai 20 persen suara dalam waktu singkat. Mohon bantuannya untuk mengundang teman-teman di berbagai forum untuk bergabung di telegram group ini," kata pesan itu. Sampai saat ini sudah ada 699 member yang tergabung dalam gruup penolak aksi RSS ELTY.

Sementara itu PT Bursa Efek Indonesia (BEI). Bursa menyerahkan semua keputusan reverse stock Bakrieland ditangan pemegang saham pada saat Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

"Ya kan ada kuorumnya. Atas setiap keputusan ada kuorum yang harus dipenuhi," kata Direktur Penilaian Perusahaan BEI, Samsul Hidayat kepada wartawan saat dihubungi, Rabu, 6 Juni 2018.

Reverse stock, Samsul mengaku, merupakan rencana dan keputusan dari suatu perusahaan. Sehingga, bursa tidak mempunyai wewenang atas dasar hal tersebut.

"Misalnya putusan PKPU atau restrukturisasi hutang. Itu semua rencana sesuatu dari perusahaan, sesuai juga dengan RUPS," tutur Samsul.


(SAW)


Struktur BP Batam Dipastikan Tidak Berubah

Struktur BP Batam Dipastikan Tidak Berubah

10 hours Ago

Struktur organisasi dari BP Batam dipastikan tidak berubah meski figur pemimpin dalam organisas…

BERITA LAINNYA