Waskita Berencana Terbitkan Obligasi Rp5 Triliun

Annisa ayu artanti    •    Jumat, 04 Jan 2019 19:30 WIB
waskita karya
Waskita Berencana Terbitkan Obligasi Rp5 Triliun
Ilustrasi. (FOTO: MI/Irfan)

Jakarta: PT Waskita Karya Tbk (WSKT) akan menerbitkan surat utang atau obligasi sebesar Rp5 triliun. Rencananya obligasi tersebut akan dirilis pada semester I-2019.

"Yang jelas akan kita lakukan di semester satu akhir sampai dengan semeester dua bahwa aksi korporasi kita di 2019 kita merencanakan akan issue bond senilai total Rp5 triliun," kata Direktur Keuangan Haris Gunawan, di Hotel Raffles, Jakarta, Jumat, 4 Januari 2019.

Haris menjelaskan dari penerbitan surat utang tersebut, sebanyak Rp2 triliun akan digunakan untuk membayar utang-utang lama atau refinancing keuangan perseroan.

"Rp2 triliun kita akan digunakan untuk refinancing," sebut dia.

Haris juga menuturkan, dalam rencana penerbitan surat utang tersebut perseroan akan mengusulkan beberapa skema. Skema pertama, Waskita akan mencari perusahaan penjamin efek (underwriter) dengan rating di atas rating perusahaan demi menarik minat investor. Saat ini rating tercatat Waskita A-, sehingga Wakita ingin underwriter yang memiliki rating AAA.

"Rating Waskita itu kan A-. Kalau saya menggunakan penjaminan perusahaan yang ratingnya AAA itu seberapa jauh diminati oleh investor, berapa kupon yang mereka tawarkan," tutur dia.

Skema kedua, Waskita akan menerbitkan obligasi tanpa bunga atau yang biasa dikenal zero coupon bonds. Obligasi jenis ini tidak memberikan pembayaran bunga secara berkala atau tanpa kupon sebagaimana obligasi pada umumnya. Obligasi ini diperdagangkan dengan menggunakan harga diskonto dari nilai pari.

"Skema ketiga adalah dengan skema mengikuti skema pemerintah, menggunakan floating rate. Jadi floating rate plus spread. Jadi kita akan tentukan spread-nya, nanti floating-nya menggunakan capital market rate," jelas dia.


(AHL)