Manajemen HERO Sebut PHK Sudah Solusi Terbaik

   •    Minggu, 13 Jan 2019 16:57 WIB
hero supermarketphk
Manajemen HERO Sebut PHK Sudah Solusi Terbaik
Illustrasi (MI/Himanda).

Jakarta: PT Hero Supermarket Tbk (HERO) menjelaskan bahwa Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang diumumkan pada belakangan ini merupakan solusi terbaik yang bisa diberikan perusahaan.

Corporate Affairs GM PT Hero Supermarket Tbk Tony Mampuk mengatakan solusi bahwa pertukaran pekerja yang akan di-PHK ke bagian lain tak mungkin dilakukan karena adanya kemampuan yang berbeda.

"Manajemen memandang hal ini akan menimbulkan permasalahan yang lebih rumit di mana karyawan yang ditukar pekerjaannya belum tentu sesuai dengan pekerjaan di tempat yang baru. Karena variabelnya sangat banyak diantaranya kecocokan, kemampuan," kata Tony dalam keterangan tertulisnya, Minggu, 13 Januari 2019.

Dia mengatakan hal ini sangat tak mungkin dilakukan karena perusahaan telah mengalami krisis keuangan dari 2014. Sehingga sangat tak mungkin dilakukan mutasi ke bagian lain.

"Jika ada pertanyaan kenapa dulu bisa mutasi atau tukar kepala dan sekarang tidak bisa? Karena dulu kami masih memungkinkan melakukan hal tersebut namun karena kerugian terus menerus sejak 2014 kami tidak bisa lagi melakukan hal tersebut," jelas dia.

Kemudian mengenai tuduhan adanya union busting, dia menjelaskan bahwa itu adalah klaim yang tidak benar dan tidak berdasarkan fakta.

"Faktanya kejadian di Semarang adalah dua karyawan yang meninggalkan waktu kerja tanpa adanya keterangan atau cuti atau tanpa izin atasan. Adapula yang menggunakan alasan sakit namun ternyata tidak bisa memberikan surat resmi keterangan dari dokter. Oleh karena itu kami berikan Surat Peringatan," jelas dia.

"Kami akhirnya memberi toleransi dan mengizinkan karyawan di kesempatan berikutnya untuk hadir di pengadilan namun setelah kami cek karyawan yang bersangkutan tidak hadir. Union busting tidak pernah dan tidak mungkin terjadi. Jika itu dilakukan maka SPHS tidak mungkin exist selama lebih dari 18 tahun," tegas Tony.


 


(SAW)