Bos BEI Minta Freeport Kembali Menjadi Emiten

Desi Angriani    •    Kamis, 13 Jul 2017 16:06 WIB
freeport
Bos BEI Minta Freeport Kembali Menjadi Emiten
Tambang Freeport (MI/AGUS MULYAWAN).

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Tito Sulistio meminta PT Freeport Indonesia kembali melantai di bursa efek. PTFI pernah menjadi emiten pada 1994-1995.

Tito mengatakan, pendapatan terbesar Freeport justru berasal dari Papua, Indonesia. Sebab itu, sudah semestinya perusahaan asal Amerika Serikat (AS) ini melepas sahamnya di dalam negeri.

baca : Soal Freeport, Luhut: Indonesia Bukan Negara Miskin

"Dia kan pendapatan terbesarnya dari Indonesia wajar dong listed," kata Tito di Gedung BEI, Jakarta, Kamis 13 Juli 2017.

Freeport, lanjutnya, merupakan salah satu dari 52 perusahaan yang meraup untung di Indonesia tapi malah mencatatkan sahamnya di bursa asing.

"Wajar dong listed. Itu yang salah satu dalam 52 itu Freeport (perusahaan yang dapat untung di Indonesia tapi gak listing di sini)," ungkap dia.

Adapun saham Freeport yang terdaftar saat itu dipegang oleh PT Indocopper Investama. Namun, Freeport menghilang dari peredaran bursa setelah PT Indocopper Investama hengkang dari daftar emiten.

"Dulu saham Freeport itu 9,36% listed di bursa paralel melalui PT Indocopper tahun 1994-1995. Kebetulan saya dirut-nya, Indocopper-nya sudah delisting," pungkas dia.

 


(SAW)