BTN Bidik Akuisisi Anak Usaha Danareksa

Desi Angriani    •    Selasa, 08 Aug 2017 18:59 WIB
btn
BTN Bidik Akuisisi Anak Usaha Danareksa
Ilustrasi. ANT/Prasetyo Utomo.

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) tengah melakukan penjajakan untuk mengakuisisi empat anak usaha PT Danareksa (Persero), yakni PT Danareksa Investment Management, PT Danareksa Finance, asuransi jiwa, dan asuransi umum.

Emiten saham perbankan pelat merah untuk perumahan itu membidik kepemilikan saham dengan komposisi sebesar 89 persen dari total saham yang ada.

"Waktu meeting terakhir, terkait porsi kepemilikan saham asuransi jiwa, secara prinsip udah disetujui, mungkin bisa jalan. Tapi kalau antara dua orang, seperti mau nikah ada tawar menawar," kata Direktur BTN Iman Nugroho Soeko dalam jumpa pers public expose di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa 8 Agustus 2017.

Untuk merealisasikan hal tersebut, BTN membutuhkan dana sebesar Rp700 miliar. Sementara untuk akuisisi Danareksa Finance, kata dia, dibutuhan dana maksimal Rp300 miliar.

"Proses jalan terus, yang ingin kita kejar yang Danareksa Finance dan asuransi jiwa," jelasnya.

Bank spesialis kredit perumahan ini masih menunggu proses holdingisasi BUMN yang kemungkinan terjadi tahun ini. Adapun dana yang disiapkan bakal dialokasikan secara menyeluruh dari rencana perseroan untuk membentuk anak usaha.

"Tahapannya sendiri sudah akan mencapai due diligence. Diharapkan pada tahun ini, hal itu bisa segera diproses," pungkas dia.


(SAW)