Penundaan Proyek Infrastruktur Berdampak Positif ke BUMN Karya

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 30 Aug 2018 19:26 WIB
bumn
Penundaan Proyek Infrastruktur Berdampak Positif ke BUMN Karya
Infrastruuktur. MI/PIUS ERLANGGA.

Jakarta: Penundaan beberapa proyek infrastruktur yang memiliki komponen impor yang tinggi memberikan dampak positif terhadap kinerja keuangan BUMN-BUMN karya.

Kepala Ekonom Senior Bank Mandiri Anton Gunawan mengatakan, penundaan proyek-proyek tersebut akan mengurangi tekanan terhadap rasio utang (debt ratio).

"Dampak ke BUMN Karya, kalau ditunda bisa kurangi tekanan debt ke BUMN karya," sebut Anton di Kantor Bank Mandiri, Jakarta, Kamis, 30 Agustus 2018.

Seperti halnya PT Wijaya Karya Tbk (WIKA), PT Adhi Karya Tbk (ADHI), PT Hutama Karya (Persero), PT Waskita Karya Tbk (WSKT), PT Pembangunan Perumahan Tbk (PTPP), dan PT Nindya Karya yang banyak mengerjakan proyek infrastruktur liabilitas jangka pendek dan jangka panjangnya akan terbantu dengan adanya penundaan proyek-proyek.

Di sisi lain, lanjut Anton, penundaan proyek ini memberi dampak negatif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Sebab, pembangunan proyek-proyek infrastruktur tersebut memberikan multiplayer efek yang berdampak pada output ekonomi sebesar Rp2,68 triliun dan sebaliknya.

"Tapi kriteria output itu perlu dipertimbangkan karena bisa kurangi pertumbuhan ekonomi," pungkas dia.


(SAW)


Komentar Menperin soal Sariwangi Pailit

Komentar Menperin soal Sariwangi Pailit

18 hours Ago

Bangkutnya PT Sariwangi Agricultural Estates Agency (Sariwangi AEA) dan anak usahanya yaitu PT …

BERITA LAINNYA