Laporan Kinerja Emiten jadi Pendorong IHSG

Dian Ihsan Siregar    •    Selasa, 11 Jul 2017 08:59 WIB
ihsg
Laporan Kinerja Emiten jadi Pendorong IHSG
Ilustrasi. (FOTO: Antara)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpeluang untuk berbalik menguat. Hal itu akan ditopang oleh beberapa laporan kinerja emiten dan pembagian dividen yang dilakukan beberapa perusahaan.

‎"Sehingga hal ini turut menopang pergerakan IHSG," ujar Kepala Analis PT Indosurya Mandiri Sekuritas William Suryawijaya‎, dalam keterangan risetnya, Selasa 11 Juli 2017.

Saat ini, sebut William, IHSG masih berada dalam fase konsolidasi wajar, pasca mencetak rekor tertinggi di level 5.910, akibat dukungan kekuatan fundamental perekonomian domestik.

Tingkat IHSG, menurut William, memiliki support terdekat yang akan berupya dipertahankan pada level 5.767, sedangkan target resisten terdekat yang berusaha ditembus ada di posisi 5.886.

‎‎"Indeks juga akan ditopang oleh proyeksi positif terhadap rilis data tingkat kepercayaan konsumen. Nantinya akan mendorong indeks lewat beli saham-saham pilihan," ‎terang William.

Sementara itu, Analis Senior PT Binaartha Sekuritas Reza Priyambada mengatakan, indeks yang terjatuh dalam belakangan ini bisa diputar kembali ke arah menguat, jika pelaku pasar banyak melakukan aksi beli.

"Dengan adanya itu sentimen yang membuat lemah seperti kejadian gangguan datafeed yang kemarin tidak akan membuat indeks menurun.‎ Indeks yang turun melainkan adanya faktor lain," tutur Reza.

M‎engamati keadaan satu hari ini, William merekomendasikan kepada pelaku pasar untuk mencermati beberapa pergerakan saham seperti PT XL Axiata Tbk (EXCL), PT Holcim Indonesia Tbk (SMCB), PT Mayora Indah Tbk (MYOR), PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF), dan PT HM Sampoerna Tbk (HMSP).

Kemudian cermati pula pergerakan saham ‎PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI), PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI), PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGAS), dan PT Kimia Farma (Persero) Tbk (KAEF).

 


(AHL)