Ramayana Berencana Spin Off Bisnis

Dian Ihsan Siregar    •    Kamis, 10 Aug 2017 09:01 WIB
emitenbeipasar modalipo
Ramayana Berencana <i>Spin Off</i> Bisnis
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS) berencana memisahkan unit bisnis atau melakukan spin off antara supermarket dengan department store. Aksi korporasi ini akan dilakukan guna mengerek tingkat bisnis lebih maksimal di masa yang akan datang.

Direktur Ramayana Lestari Sentosa Suryanto mengatakan, bisnis supermarket sudah mengalami kerugian sejak 2014 lalu, ketika daya beli masyarakat mengalami penurunan. ‎Dengan adanya manajemen baru yang berusaha melakukan pemisahan bisnis maka diharapkan bisa mengerek kinerja lini supermarket.

‎"Masalah pemisahan unit bisnis masih kami kaji. Artinya belum kami putuskan kapan langkah ini. Tapi begitu kami kaji visible akan kami lakukan," ‎ujar Suryanto, ketika ditemui di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), SCBD Sudirman, Jakarta, Rabu 9 Agustus 2017.

Setelah berpisah, lanjut dia, bisnis department store akan dikelola oleh RALS, sedangkan supermarket akan dijalankan oleh unit bisnis baru. Dengan manajemen baru, tidak menutup kemungkinan masing-masing unit usaha akan menjadi perusahaan publik.

‎"Alasannya, memang unit supermarket kinerjanya tidak begitu bagus. Kalau pemisahan unit bisnis maka semua akan naik dan EBITDA juga naik," terang Suryanto.

Sampai akhir 2017, Ramayana bakal membuka tiga gerai toko baru, serta akan meremajakan tiga tokok lama. Adanya tiga gerai toko baru akan menambah luas gerai dengan kapasitas yang sama.


(ABD)