IHSG Perdagangan Siang Masih Bertahan di Jalur Hijau

Angga Bratadharma    •    Senin, 11 Sep 2017 12:16 WIB
ihsg
IHSG Perdagangan Siang Masih Bertahan di Jalur Hijau
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Metrotvnews.com, Jakarta: Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan sesi siang terpantau bertahan di jalur penguatan seiring masih hadirnya sentimen positif. Efek dari meningkatnya posisi cadangan devisa yang dirilis Bank Indonesia (BI) diharapkan terus hadir agar IHSG tidak terhempas di zona merah.

IHSG Senin 11 September 2017, perdagangan siang terpantau menguat sebanyak 17,63 poin atau setara 0,301 persen ke posisi 5.874. Level tertinggi IHSG tercatat berada di posisi 5.877 dan level terendah IHSG tercatat berada di posisi 5.852.

Adapun volume perdagangan siang tercatat sebanyak 3,8 miliar lembar saham senilai Rp2.6 triliun dengan jumlah frekuensi mencapai 178 ribu. Sebanyak 167 saham mengalami penguatan, sebanyak 131 saham mengalami pelemahan, dan sebanyak 125 saham tidak mengalami perubahan atau stagnan.

Sementara itu, Kepala Analis Indosurya Mandiri Sekuritas William Suryawijaya‎ mengatakan, indeks masih ‎akan berada dalam rentang konsolidasi wajar paska rilis data perekonomian cadangan devisa (cadev) yang terlansir dalam posisi naik dan jauh diatas standar kecukupan International untuk impor yaitu sekitar 3 bulan‎.

Kondisi tersebut juga, masih kata William, ‎menunjukkan fundamental perekonomian masih berada dalam keadaan yang cukup stabil. Hal itu juga akan membawa indeks ke posisi resisten 5.881. Namun, posisi support 5.788 harus bisa dijaga sebaik mungkin.

‎"J‎elang rilis data penjualan ritel pun akan turut memengaruhi pola gerak IHSG. Sepanjang hari ini IHSG berpotensi menguat," tutup William.


(ABD)