BRI Bakal Akuisisi Bahana Sekuritas

Dian Ihsan Siregar    •    Jumat, 11 Aug 2017 18:54 WIB
bri
BRI Bakal Akuisisi Bahana Sekuritas
Ilustrasi BRI. (FOTO: Media Indonesia)

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) Suprajarto mengatakan akan mengakuisisi PT Bahana Sekuritas. Hal itu dilakukan demi menggenjot investasi di sektor saham.

Suprajarto mengungkapkan, ada dua perusahaan sekuritas yang sedang dibidik oleh perseroan yaitu Danareksa dan Bahana Sekuritas. Tapi, Danareksa dapat dipastikan tidak berlabuh ke BRI, sehingga keputusan yang tepat memilih Bahana untuk dibeli oleh perusahaan.

"Kayaknya kalau Danareksa bukan ke BRI ya," tutur Suprajarto, ditemui di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), SCBD Sudirman, Jakarta, Jumat 11 Agustus 2017.

Proses akuisisi tersebut, menurut dia, masih menunggu izin dari pemilik Bahan Sekuritas, yakni Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). "Kalau boleh sama yang pemiliknya, sekarang belum boleh ngomong saya," tutur dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, Wakil Direktur Utama BRI Sunarso menyebutkan, bahwa manajemen BRI berencana mengakuisisi perusahaan sekuritas dan pendirian modal ventura di tahun ini. Langkah keduanya untuk mendukung fokus BRI dalam menyalurkan pembiayaan ke para UMKM.

"Untuk akuisisi sekuritas, ada yang sudah due dilligence, ada yang belum. Intinya, target kami tidak satu. Sementara pendirian modal ventura untuk layani nasabah UMKM yang tidak cocok mendapat produk perbankan," kata Sunarso.

Dari rencana yang ada, BRI menginginkan porsi pembiayaan UMKM sebesar 80 persen dari portofolio pembiayaannya. Perseroan sendiri memang setiap tahunnya banyak memberikan pembiayaan kepada pengusaha UMKM.

Setiap tahun, bilangnya, perseroan menyiapkan dana sebanyak Rp5 triliun untuk kebutuhan anorganik. Jadi, bukan hanya untuk akuisisi saja, tapi bisa digunakan untuk rencana lainnya. "‎Rp5 triliun itu bisa juga untuk kebutuhan modal anak usaha," jelas dia.


(AHL)