Rupiah Pagi Terhempas ke Zona Merah di Rp13.304/USD

Angga Bratadharma    •    Selasa, 20 Jun 2017 09:15 WIB
kurs rupiah
Rupiah Pagi Terhempas ke Zona Merah di Rp13.304/USD
Ilustrasi (MI/SUSANTO)

Metrotvnews.com, Jakarta: Gerak nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada perdagangan Selasa pagi terpantau melemah dibandingkan dengan perdagangan sore di hari sebelumnya di posisi Rp13.282 per USD. Pagi ini, nilai tukar rupiah terhempas ke zona merah dan harus kembali ke level Rp13.300 per USD.

Mengutip Bloomberg, Selasa 20 Juni 2017, nilai tukar rupiah pada perdagangan pagi dibuka di posisi Rp13.304 per USD. Day range nilai tukar rupiah berada di kisaran Rp13.296 per USD hingga Rp13.304 per USD dengan year to date return di minus 1,42 persen. Sedangkan menurut Yahoo Finance, nilai tukar rupiah berada di posisi Rp13.074 per USD.

Analis Samuel Sekuritas Rangga Cipta mengatakan, aliran dana asing ke pasar Surat Utang Negara (SUN) masih jadi penopang utama di tengah meningkatnya permintaan barang impor jelang Lebaran. Optimisme pertumbuhan bertambah setelah pemerintah tingkatkan belanja di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2017.



"Penguatan gerak nilai tukar rupiah berpeluang sedikit tertahan pada hari ini," ungkap Rangga, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta, Selasa 20 Juni 2017.

Sementara itu, harga minyak mentah dunia anjlok dan gerak dolar Amerika Serikat (USD) menguat. Walaupun beberapa pejabat the Fed sepakat dengan pasar yang ragu bahwa kenaikan Fed Fund Rate (FFR) target selanjutnya harus dilakukan dalam waktu dekat membuat dolar index berhasil menguat di mana sebelumnya melemah.

"Harga minyak yang konsisten anjlok, meminta dolar index untuk menguat, selain akibat pelemahan tajam yen menyusul buruknya data perdagangan Jepang," kata Rangga.

 


(ABD)