Rupiah Ditaksir Bergerak di Rentang Rp13.540-Rp13.550/USD

Ade Hapsari Lestarini    •    Kamis, 07 Dec 2017 08:58 WIB
kurs rupiah
Rupiah Ditaksir Bergerak di Rentang Rp13.540-Rp13.550/USD
Ilustrasi. (FOTO: ANTARA/Widodo S. Jusuf)

Jakarta: Mata uang dolar Amerika Serikat (AS) diperkirakan bergerak mendatar terhadap rupiah pada sesi perdagangan pagi dan sore setelah sempat menguat kemarin.

Analis Samuel Sekuritas Ahmad Mikail mengatakan jelang rilis data indeks kepercayaan konsumen Indonesia yang diperkirakan lebih baik di November.

"Serta isu kemungkinan tutupnya pemerintahan AS (government shutdown) jika pembahasan anggaran gagal dicapai minggu ini menjadi beban bagi USD untuk kembali menguat cukup signifikan terhadap rupiah," ujar dia dalam hasil risetnya, Kamis, 7 Desember 2017.

Dia pun memperkirakan gerak rupiah akan bergerak di rentang Rp13.540 per USD hingga Rp13.550 per USD sepanjang hari ini. Selain itu, pergerakan rupiah akan dipengaruhi oleh berita-berita global lainnya seperti survei Moody's mengenai pengetatan likuiditas jadi ancaman Asia.

Dalam survei yang dilakukan oleh Moody's kepada 60 pelaku pasar Asia Pasifik, hampir setengah atau 44 persen responden menyebutkan suku bunga yang tinggi di AS dan negara maju lain seperti Uni Eropa, akan menjadi risiko terbesar pada portofolio keuangan kawasan tersebut tahun depan.

Kemudian, Komisi Eropa mengungkapkan visinya pada Rabu, 6 Desember 2017 untuk mereformasi zona euro, termasuk rencananya untuk membentuk Dana Moneter Internasional (IMF) versi Eropa.


(AHL)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

1 day Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA