Mata Uang Garuda Diharapkan Kembali Menguat

Dian Ihsan Siregar    •    Kamis, 11 Jan 2018 11:32 WIB
kurs rupiah
Mata Uang Garuda Diharapkan Kembali Menguat
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

Jakarta: Gerak nilai tukar rupiah yang mampu berbalik ke area positif terhadap dolar Amerika Serikat (USD) diharapkan dapat terus menguat. Hal itu seiring imbas kenaikan mata uang yen Jepang dan mata uang asia lainnya, termasuk dukungan dari sejumlah sentimen positif dari dalam negeri.

Sebagaimana diketahui, akibat pelemahan USD, mata uang rupiah mengalami penguatan‎ hingga penutupan perdagangan Rabu, 10 Januari 2018. Nilai tukar rupiah naik 13 poin ke posisi Rp13.425 per USD. Meski demikian, perlu sejumlah sentimen positif lainnya dalam rangka memperkuat penguatan tersebut.

‎"Kini, rupiah kami perkirakan akan bergerak di kisaran support Rp13.433 per USD, sedangkan posisi resisten akan berada di Rp13.384 per USD," tutur Analis ‎Senior Binaartha Sekuritas Reza Priyambada, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta, Kamis, 11 Januari 2018.

Pada perdagangan kemarin, Reza mengatakan, meski dirilis adanya pelemahan penjualan eceran dari Bank Indonesia (BI) tapi gerak rupiah dapat bergerak naik tipis. "Nilai mata uang Garuda pada perdagangan di hari lalu sempat bergerak di bawah Rp13.433 per USD dan menyentuh level 13.450 per USD," ucap Reza.

Selain itu pergerakan mata uang negeri Paman Sam cenderung melemah, masih kata Reza, setelah Bank of Japan (BoJ) memangkas pembelian obligasi pemerintah. Hal itu langsung mmberikan sentimen positif pada gerak nilai tukar rupiah.

"Pada akhirnya nilai tukar rupiah terbantukan dan mengalami gerak positif di sepanjang hari kemarin. Karena juga USD yang cenderung melemah, bila dibandingkan dengan mata uang yen dan lainny," pungkas Reza.‎


(ABD)


Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

13 hours Ago

Kepailitan Sariwangi AEA dan anak usahanya yaitu PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung (…

BERITA LAINNYA