Panin Asset Management Kelola Dana Rp9,9 Triliun hingga Februari 2017

Dian Ihsan Siregar    •    Senin, 20 Mar 2017 13:54 WIB
emitenbeipasar modal
Panin Asset Management Kelola Dana Rp9,9 Triliun hingga Februari 2017
Seorang petugas menata tumpukan uang kertas (MI/USMAN ISKANDAR)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Panin Asset Magement telah mengelola dana reksa dana saham sebesar Rp7,3 triliun per Februari 2017 dari total dana kelolaan secara keseluruhan sebesar Rp9,9 triliun. Sedangkan sisa dari total tersebut mengarah ke reksa dana campuran, reksa dana tetap, dan pasar uang.

‎"Dana kelola di kita lebih banyak untuk reksa dana saham sebesar Rp7,3 triliun di Februari 2017, dari total Rp9,9 triliun. Jadi mungkin porsinya 70-80 persen ke reksa dana saham, sebesar Rp1,7 triliun yang merupakan sisanya berasal dari reksa dana campuran, reksa dana tetap dan pasar uang," kata Direktur Panin Asset Management Rudiyanto, di Gedung BEI, SCBD Sudirman, Jakarta, Senin 20 Maret 2017.

Hingga akhir 2017, Rudiyanto mengaku, dana kelolaan perseroan diperkirakan akan mencapai Rp13-14 triliun atau mengalami kenaikan sekitar 30-40 persen dari perolehan di 2016. Berbagai macam strategi akan dilakukan guna target dimaksud bisa tercapai dengan baik.

‎"Memang untuk kontribusi, reksa dana kami lebih banyak berasal dari reksa dana indsutri keuangan. Kita dapatkan dari beberapa nasabah institusi yang melakukan profit taking di tahun lalu. Kita harapkan tahun ini mereka bisa bergabung kembali. Sehingga bisa cukup tambahan dana kelolaan," papar Rudiyanto.

Selain itu, lanjut Rudiyanto, kenaikan dari Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diharapkan bisa mengerek dana kelolaan perseroan hingga akhir tahun ini. Tak lupa juga program untuk nasabah perorangan diharapkan bisa meningkatkan dana kelolaan perseroan sepanjang 2017.

"Kombinasi dari itu kita harapkan bisa membantu menambah dana kelolaan," terang dia.

Untuk Reksa Dana Panin Beta One yang akan diluncurkan pada 31 Maret 2017, perseroan mengharapkan bisa mengelola dana sebanyak Rp100 miliar selama tiga bulan ke depan. Sekedar informasi, p‎erseroan meluncurkan ‎Reksa Dana Panin Beta One yang ‎bertujuan mengerek kinerja IHSG.

Reksa dana tersebut menghasilkan nilai investasi yang sangat sama dengan indeks. Panin Beta One menargetkan tracking error kurang dari 2,5 persen, dan memiliki Beta mendekata satu persen.

 


(ABD)