Awal Pekan, Rupiah Pagi Bergerak Stabil di Rp13.399/USD

Angga Bratadharma    •    Senin, 10 Jul 2017 08:15 WIB
kurs rupiah
Awal Pekan, Rupiah Pagi Bergerak Stabil di Rp13.399/USD
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Adwit B Pramono)

Metrotvnews.com, Jakarta: Gerak nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada perdagangan pagi di awal pekan terpantau stabil dibandingkan dengan perdagangan di Jumat sore lalu di Rp13.399 per USD. Namun demikian, nilai tukar rupiah memiliki ruang untuk kembali mengalami penguatan seiring dengan sentimen positif yang datang.

Mengutip Bloomberg, Senin 10 Juli 2017, nilai tukar rupiah pada perdagangan pagi dibuka di posisi Rp13.399 per USD. Day range nilai tukar rupiah berada di kisaran Rp13.398 per USD hingga Rp13.404 per USD dengan year to date return di minus 0,55 persen. Sedangkan menurut Yahoo Finance, nilai tukar rupiah berada di posisi Rp13.190 per USD.

Di sisi lain, aksi jual asing di pasar keuangan intensif dan gerak nilai tukar rupiah berada dalam tekanan. Pergerakan nilai tukar rupiah harus mengalami pelemahan di perdagangan Jumat lalu walaupun dolar Amerika Serikat melemah di Asia.

Baca: Melemah, Rupiah Nyaris Tembus Rp14.000/USD

Analis Samuel Sekuritas Rangga Cipta mengatakan, tekanan jual asing baik di pasar saham maupun obligasi membuat pergerakan nilai tukar rupiah dalam tekanan pelemahan. Meredanya pelemahan obligasi global, diperkirakan bisa meredakan pelemahan rupiah walaupun saat ini dolar index mulai mengembalikan penguatannya.

Baca: Kenaikan Suku Bunga AS Mulai Membebani Mata Uang Negara Berkembang

"Cadangan devisa Bank Indonesia (BI) yang diumumkan turun bulan lalu menunjukkan komitmen menjaga stabilitas," tegas Rangga, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta.

Sementara itu, serapan tenaga kerja Amerika Serikat (AS) baik dan gerak USD mengembalikan kekuatan. Dolar index mulai konsisten menguat terpicu oleh data serapan tenaga kerja AS yang lebih baik dari ekspektasi.

 


(ABD)