IPO, Mahkota Group Listing Pagi Ini

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 12 Jul 2018 08:28 WIB
emitenipoMahkota Group
IPO, Mahkota Group <i>Listing</i> Pagi Ini
Ilustrasi kegiatan di pasar modal. (FOTO: MI/Adam Dwi)

Jakarta: PT Mahkota Group Tbk akan merealisasikan listing atau initial public offering (IPO) ‎di Bursa Efek Indonesia (BEI) pagi ini. P‎erusahaan akan melepas 703,68 juta saham di kisaran harga Rp200-Rp250 per saham.

Proses IPO ini akan dilakukan bertepatan dengan pembukaan perdagangan saham di pasar modal Indonesia, BEI, Jakarta, Kamis, 12 Juli 2018.

Berdasarkan catatan Medcom.id, dari IPO ini, perusahaan menaksir akan meraup dana segar sekitar Rp140,73 miliar sampai Rp175,92 miliar. Perusahaan juga telah menunjuk PT Panin Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi (underwriter).

Direktur Utama Mahkota Group Usli Sarsi sebelumnya mengatakan dana IPO yang didapatkan perseroan setelah dibayar emisi, sebesar 60 persen akan digunakan untuk pengembangan industri hilir melalui investasi ke Entitas Anak PT Mutiara Unggul Lestari (MUL), yaitu PT lntan Sejati Andalan (ISA Entitas Anak MUL) yang akan digunakan untuk pembangunan pabrik Refinery dan Kernel Crushing Plant yang berlokasi di jalan Duri Dumai, Desa Bathin Sobanga, Kabupaten Bengkalis, Riau. Serta pembiayaan modal kerja anak usaha.

Usli mengaku, pembangunan pabrik yang dijalankan perusahaan membutuhkan waktu delapan bulan, terhitung tiga bulan sejak perseroan menerima dana hasil IPO. Tujuan pembangunan pabrik Refinery dan Kernel Crushing Plant adalah untuk memberi nilai tambah bagi perusahaan.

Melalui pembangunan pabrik Refinery dan Kernel Crushing Plant, perusahaan bisa melakukan sistem pemurnian yang dapat menghasilkan produk turunan olein (minyak makan) dan sterin (bahan baku margarin dan oleochemical), serta produk turunan lainnya.

"Dengan adanya pengembangan industri hilir ini, kami berharap dapat meningkatkan pendapatan," jelas Usli beberapa waktu lalu.


(AHL)