BEI Siapkan Ruangan Khusus bagi Peserta Amnesti Pajak

Dian Ihsan Siregar    •    Selasa, 20 Sep 2016 11:50 WIB
tax amnesty
BEI Siapkan Ruangan Khusus bagi Peserta Amnesti Pajak
Ilustrasi. (FOTO: ANTARA/Yudhi Mahatma)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menjadi tempat secara menyeluruh dalam melayani peserta amnesty pajak.‎‎ Bukan hanya melayani konsultasi program amnesti pajak, tapi bisa juga menyampaikan Surat Pernyataan Harta (SPH) seperti layaknya di Kantor Pelayanan Pajak (KPP).

Direktur Utama BEI Tito Sulistio mengatakan bursa telah menyediakan enam ruangan khusus di lantai satu gedung BEI dalam melayani keseluruhan pelayanan peserta amnesti pajak. Tujuannya, untuk mengakomodir keinginan calon peserta amnesti pajak yang tak ingin datanya terlihat publik.

"Jadi kalau mau privasi kita juga siapkan enam ruangan pelayan pajak yang tertutup. Ini wajib pajak pasti senang dengarnya, karena tidak semua mau diekspose," ujar Tito, ditemui di Gedung BEI, SCBD Sudirman, Jakarta, Selasa (20/9/2016).

Penetapan gedung BEI menjadi tempat pelayanan keseluruhan amnesti pajak berdasarkan ‎Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 689/KMK.03/2016 tentang Perubahan atas Keputusan Menteri Keuangan Nomor 656/KMK.03/2016 . Di mana isinya penetapan tempat tertentu sebagai tempat penyampaian Surat Pernyataan Harta (SPH) dalam rangka Pengampunan Pajak.

Penetapan tempat tertentu sebagai tempat penyampaian surat pernyataan harta dalam rangka pengampunan pajak ini dilakukan untuk memberi lebih kemudahan kepada wajib pajak untuk mengikuti program pengampunan pajak.

Adapun untuk semakin menyukseskan program amnesti pajak, pemerintah juga membentuk Tim Penerimaan dan Tindak Lanjut Surat Pernyataan Harta pada tempat tertentu, sebagaimana tercantum dalam Lampiran Keputusan Menteri ini ditetapkan dengan Keputusan Direktur Jenderal Pajak.

Selain kantor BEI, tiga tempat penyampaian amnesti pajak juga disediakan oleh Kantor Pusat Bank Mandiri, Kantor Pusat Bank Rakyat Indonesia (BRI), dan Kantor Pusat Bank Negara Indonesia (BNI) yang seluruhnya berada di Jakarta.

Sebelumnya, ‎Tito menyampaikan, bursa telah memperoleh izin sekaligus mendat untuk menyediakan tempat layanan amnesti pajak secara menyeluruh dari awal bulan ini. "‎Kami sudah dapat izin dari 1 September. Nah sekarang ini baru kita bisa laksanakan," kata Tito‎.

‎Tidak hanya itu saja, Tito pun memiliki janji, jika pada saat minggu-minggu terakhir di periode pertama amnesti pajak, pelayanan terpadu di bursa akan di buka hingga Sabtu dan Minggu. ‎"Karena ini minggu terakhir, diperkirakan akan banyak yang mendaftar," tutup Tito.


(AHL)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA