Rupiah Diharapkan Tetap Bergerak Menguat

Dian Ihsan Siregar    •    Jumat, 08 Sep 2017 09:51 WIB
kurs rupiah
Rupiah Diharapkan Tetap Bergerak Menguat
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Metrotvnews.com, Jakarta: Gerak nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) mulai beranjak ke zona hijau‎ hingga penutupan perdagangan Kamis 7 September 2017. Diharapkan penguatan itu tetap terjadi sepanjang hari ini agar gerak rupiah posisinya semakin terangkat dan memberi efek positif terhadap perekonomian.

‎"Kembali menguatnya rupiah memberikan harapan akan bertahannya rupiah di zona hijau meski sebelumnya dikhawatirkan tidak akan cukup kuat mengangkat rupiah," kata A‎nalis Senior Binaartha Sekuritas Reza Priyambada, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta, Jumat 8 September 2017.

Meski penguatan ini belum sepenuhnya terjadi, kata Reza, tapi diharapkan sentimen yang ada cukup membantu mata uang Garuda tetap bertahan di zona hijau. Masih adanya harapan untuk menguat, Reza memprediksi, nilai tukar rupiah akan berada di kisaran support Rp13.340 per USD, sedangkan posisi resisten akan berada di Rp13.298 per USD.

"Tetap mewaspadai berbagai sentimen yang dapat membuat pergerakan rupiah kembali variatif," ujar Reza.

Reza menyatakan, secara tidak terduga, mata uang rupiah mampu berbalik menguat cukup tinggi pada perdagangan kemarin. Pada p‎asar spot tercatat hingga menyentuh Rp13.305 per USD, dari sebelumnya Rp13.336 per USD.

Kenaikan tersebut, masih kata Reza, terjadi di tengah meningkatnya permintaan atas mata uang safe haven, euro dan CAD, karena pelaku pasar mengkhawatirkan peningkatan plafon utang AS setelah beberapa petinggi partai Demokrat mendukung peningkatan plafon utang yang diajukan Presiden Trump.

Sementara itu, tambah Reza, dari dalam negeri adanya rilis PwC yang memperkirakan ekonomi Indonesia berpeluang menjadi lima besar dan pernyataan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, yang mengatakan defisit anggaran pada periode akhir Agustus 2017 telah mencapai 1,65 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) atau sekitar Rp224,3 triliun lebih rendah dari tahun lalu cukup membantu rupiah berbalik menguat.


(ABD)

<i>Tender Offer</i> Persero dan <i>Holding</i> BUMN

Tender Offer Persero dan Holding BUMN

18 hours Ago

PRESIDEN Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2017 tentang Pena…

BERITA LAINNYA