Rupiah Perdagangan Pagi Melemah ke Rp13.328/USD

Angga Bratadharma    •    Rabu, 09 Aug 2017 08:45 WIB
kurs rupiah
Rupiah Perdagangan Pagi Melemah ke Rp13.328/USD
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Metrotvnews.com, Jakarta: Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada perdagangan Rabu pagi terpantau bergerak melemah dibandingkan dengan perdagangan sore di hari sebelumnya di posisi Rp13.313 per USD. Namun demikian, nilai tukar rupiah memiliki ruang mengalami penguatan di sepanjang hari ini.

Mengutip Bloomberg, Rabu 9 Agustus 2017, nilai tukar rupiah pada perdagangan pagi dibuka di posisi Rp13.328 per USD. Day range nilai tukar rupiah berada di kisaran Rp13.320 per USD sampai Rp13.332 per USD dengan year to date return di minus 1,19 persen. Sedangkan menurut Yahoo Finance, nilai tukar rupiah berada di posisi Rp13.100 per USD.

Sementara itu, optimisme investor terjaga dan pergerakan nilai tukar rupiah terapresiasi. Usai rilis angka pertumbuhan yang stabil, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) justru menguat tajam dan menandakan optimisme di pasar saham yang terjaga.



"Itu juga diikuti oleh penguatan rupiah serta turunnya imbal hasil Surat Utang Negara (SUN), di saat yang bersamaan mayoritas kurs di Asia juga menguat terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada perdagangan Selasa," kata Analis Samuel Sekuritas Rangga Cipta, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta.

Di sisi lain, consumer confidence index yang diumumkan naik Selasa sore mendukung data Konsumsi RT, sebagai elemen Produk Domestik Bruto (PDB), yang perlahan membaik dan berkebalikan dengan sentimen yang berkembang yang menilai bahwa ada pelemahan daya beli masyarakat.

"Rupiah berpeluang kembali menguat," pungkas Rangga.

 


(ABD)