2017, BJB Berencana Akuisisi Dua Perusahaan

Dian Ihsan Siregar    •    Sabtu, 15 Oct 2016 08:53 WIB
bjb
2017, BJB Berencana Akuisisi Dua Perusahaan
Direktur Utama BJBR Ahmad Irfan. (FOTO: MTVN/Dian Ihsan Siregar)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bank Pembangunan Daerah Jabar Banten Tbk (BJBR) berencana ‎mengakuisisi perusahaan multifinance dan asuransi di 2017. Setidaknya, perusahaan telah menyiapkan dana sebesar Rp1 triliun dalam menyikapi langkah akuisisi tersebut.

Langkah akuisisi ini merupakan rencana perseroan di 2015 yang belum terealisasi.‎ Direktur Utama BJBR Ahmad Irfan menjelaskan, perusahaan saat ini masuk dalam jajaran 15 besar bank dengan total aset yang dimiliki.

"Ke depannya kami menargetkan akan masuk menjadi 10 bank terbesar di Indonesia dari sisi aset," kata Irfan, ‎ditemui dalam acara Analyst Meeting kuartal III-2016 di Ritz Carlton Pacific Place, SCBD Sudirman Jakarta, Jumat, 14 Oktober.

Untuk mencapai peringkat 10 bank terbesar dari total aset terbesar, menurut Irfan‎, perusahaan akan membidik total aset sebesar Rp100 triliun. Nantinya, setelah ada dua perusahaan yang diakuisisi (multifinance dan asuransi), maka aset bank akan bertambah besar di masa mendatang.

Direktur Keuangan BJBR Nia Kania menambahkan, terkait akuisisi perusahaan multifinance dan asuransi saat ini masih dalam status penjajakan. Selain kedua perusahaan itu, perusahaan juga memiliki keinginan untuk mengakuisisi bank kecil.‎ "Kami juga berencana akuisisi bank kecil," ungkap Nia Kania.

Sekadar informasi, perseroan sedang mengembangkan bisnis koperasi dan linkage ke BPR. Rencana akuisisi tersebut, memang sebenarnya belum ada di Rencana Bisnis Bank (RBB) revisi terakhir yang diserahkan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK).


(AHL)