BEI bakal Keluarkan Produk Baru untuk Dongrak Pasar Modal

Husen Miftahudin    •    Minggu, 23 Sep 2018 16:38 WIB
pasar modal
BEI bakal Keluarkan Produk Baru untuk Dongrak Pasar Modal
BEI. MI/PANCA SYURKANI.

Jakarta: Bursa Efek Indonesia (BEI) berencana mengeluarkan produk-produk baru pasar modal. Kata Direktur Utama (Dirut) BEI Inarno Djayadi, variasi produk dimaksudkan untuk mendongkrak kinerja pasar modal Indonesia.

"Kita ke depannya akan meningkatkan atau menambahkan produk-produk pasar modal sehingga investor bisa mempunyai alternatif di pasar modal," ujar Inarno dalam rangkaian acara Hari Ulang Tahun (HUT) Pasar Modal ke-41 di Lot 7 Kawasan SCBD Sudirman, Jakarta Selatan, Minggu, 23 September 2018.

Variasi produk merupakan upaya BEI untuk memperdalam pasar modal Tanah Air. Salah satunya yakni merevitalisasi kontrak berjangka atau index future. "Lainnya adalah single stock futures. Jadi nantinya agar supaya ada nilai hedging terhadap equity," bebernya.

Inisiatif BEI melakukan variasi produk pasar modal dilakukan secara bertahap, dimulai dari kontrak berjangka. Sementara itu inovasi lainnya adalah memaksimalkan fungsi securities lending borrowing (SLB) alias jasa pinjam meminjam efek (PME).

Selama ini mekanisme praktik pinjam meminjam efek telah tersedia. Hanya saja fungsinya belum dimaksimalkan dalam perdagangan bursa lantaran minimnya pihak yang bersedia menjadi peminjam. "Jadi deepening the market (pendalaman pasar) kita lihat dari sisi suplainya dengan meningkatkan produk-produknya. Dari sisi demand-nya, kita menekan ritel," ungkap Inarno.

Pendalaman pasar dilakukan untuk mendukung pertumbuhan perekonomian nasional. Selain menambah demand dan suplai berupa emiten dan produk pasar modal, pendalaman pasar juga dilakukan dengan memperkuat infrastruktur serta meningkatkan tata kelola.


(SAW)