Indeks Diprediksi Tembus Posisi 6.407

Dian Ihsan Siregar    •    Kamis, 12 Apr 2018 08:16 WIB
ihsg
Indeks Diprediksi Tembus Posisi 6.407
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Jakarta: Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi kembali mencoba melanjutkan proses penguatan di sepanjang hari ini untuk menembus posisi tertinggi baru di 6.407. Sejumlah sentimen positif diharapkan bisa terus berdatangan guna mendukung pencapaian target dimaksud.

"Indeks akan menguat dan diharapkan penguatan yang terjadi tidak dimanfaatkan oleh pelaku pasar untuk melakukan aksi ambil untung," kata Analis Senior Binaartha Parama Sekuritas Reza Priyambada, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta, Kamis, 12 April 2018.

Dia berharap dengan adanya sejumlah sentimen positif dari dalam negeri bisa membantu IHSG untuk bertahan di zona positif. Namun, lanjutnya, semua pihak tetap perlu mewaspadai sentimen yang bisa menahan kenaikan IHSG.

Sementara itu, Analis Indosurya Bersinar Sekuritas William Suryawijaya memperkirakan, indeks berpotensi melanjutkan proses kenaikan. Kondisi itu lantaran ruang IHSG terlihat cukup besar untuk meraih posisi tinggi yang baru.

"Rilis data ekonomi menunjukkan bahwa perekonomian domestik dalam keadaan terkendali dan stabil, sehingga dapat menopang pola pergerakan IHSG," ucap William, seraya menambahkan bahwa harga komoditas yang masih berfluktuasi akan memberikan warna terhadap pola pergerakan IHSG.

M‎engamati keadaan tersebut, William merekomendasikan kepada pelaku pasar untuk mencermati beberapa pergerakan saham seperti PT Pakuwon Jati Tbk (PWON), PT Kalbe Farma Tbk (KLBF), PT Sri Rejeki Isman Tbk (SRIL), dan PT Summarecon Agung Tbk (SMRA).

‎Kemudian cermati pula gerak saham, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (BJTM), PT AKR Corporindo Tbk (AKRA), PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA), PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR), dan PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (TLKM).

 


(ABD)