IHSG Sore Ditutup Melemah ke 6.021

Angga Bratadharma    •    Senin, 13 Nov 2017 16:16 WIB
ihsg
IHSG Sore Ditutup Melemah ke 6.021
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Jakarta: Reli Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada penutupan perdagangan sore terpantau terhenti dan akhirnya terhempas ke zona merah. Sentimen positif yang datang belum mampu mempertahankan gerak IHSG untuk terus menerus berada di jalur penguatan.

IHSG Senin 13 November 2017, perdagangan sore tercatat melemah sebanyak 0,37 poin atau setara 0,0 persen ke posisi 6.021. Lalu LQ45 melemah sebanyak 0,19 poin atau setara 0,0 persen ke posisi 1.000 dan JII juga melemah sebanyak 0,95 poin atau setara 0,1 persen ke posisi 730.

Sore ini, seluruh sektor didominasi di zona merah. Sektor konsumer menguat 24,10 poin dan sektor perdagangan menguat 1,22 poin. Sedangkan sektor perkebunan melemah 7,23 poin dan sektor infrastruktur melemah 7,14 poin.

Volume perdagangan sore tercatat sebanyak 5,4 miliar lembar saham senilai Rp4,1 triliun. Sebanyak 149 saham mengalami penguatan, sebanyak 173 saham mengalami pelemahan, sebanyak 152 saham tidak mengalami perubahan, dan sebanyak 132 saham tidak mengalami perdagangan.

Sementara itu, Kepala Analis Indosurya Sekuritas William Suryawijaya‎ menyatakan, indeks pada pertengahan November ini masih akan menunjukkan kekuatan untuk bertahan dalam rentang konsolidasi wajar. "Dan sedang bersiap untuk kembali melanjutkan proses kenaikan selanjutnya," ucap William.

Proses kenaikan IHSG, kata William, akan ditopang oleh fundamental ekonomi dalam negeri yang menunjukkan tren perbaikan dan berada pada kategori stabil, tercermin dari sejumlah data-data ekonomi yang telah diumumkan Badan Pusat Statistik (BPS) maupun Bank Indonesia (BI).

Ketika ada koreksi wajar, lanjut William, ‎bisa dimanfaatkan sebagai peluang untuk mengakumulasi sejumlah emiten pilihan. "Momentum koreksi wajar tetap dapat dimanfaatkan untuk melakukan akumulasi pembelian dengan target investasi dalam rentang jangka panjang," pungkasnya.


(ABD)