Bos Bursa Optimistis Aliran Dana Asing Terus Meningkat

Dian Ihsan Siregar    •    Selasa, 20 Jun 2017 16:54 WIB
bei
Bos Bursa Optimistis Aliran Dana Asing Terus Meningkat
illustrasi. ANT/Puspa Perwitasari.

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bursa Efek Indonesia (BEI) optimistis aliran dana asing (capital inflow) masih akan terus mengalir ke pasar modal Indonesia. Posisi saat ini, aliran dana asing hampir mencapai Rp20 triliun.

"Saat ini memang hampir Rp20 triliun. Tapi kemarin ini ada Rp5 triliun crossing hanya dari pemilik yang tadinya asing ke nama Indonesia. Sebenarnya secara teoritis itu sekitar Rp25 triliun. Kan kalau crossing Indonesia tidak dihitung. Kalau asing aja Rp25 triliun inflow (ytd)," ucap Direktur Utama BEI Tito Sulistio, ditemui di Gedung BEI, SCBD Sudirman, Jakarta, Selasa 20 Juni 2017.‎

Aliran dana asing yang ke pasar modal Indonesia, menurut Tito, masih sejalan dengan perbaikan ekonomi Indonesia. Apalagi, negeri ini telah meraih kenaikan peringkat dari beberapa lembaga pemeringkat yang datang dari dunia internasional. Seperti lembaga S&P ‎yang menyematkan level peringkat investment grade ke Indonesia, dari posisi BB+ menjadi BBB-.

‎Aliran dana asing yang jauh di tahun ini, lebih tinggi dibanding‎ tahun lalu. Bayangkan saja, baru setengah tahun dana asing sudah hampir sama dengan porsi selama setahun di tahun lalu.

"Tahun lalu di bawah Rp20 triliun, setahun bahkan. Jadi sebenarnya naik banyak sekali. Dan kita percaya akhir tahun ini masih banyak inflow," jelas Tito.

Maka dari itu, lanjut dia, untuk menampung dana asing tersebut, maka bursa akan terus memperbanyak jumlah perusahaan yang akan merealisasikan IPO. Sebelum hari lebaran, total IPO sebanyak 17 perusahaan. Jumlah emiten tahun ini akan menembus sebanyak 30 perusahaan.

"Setengah tahun 17 (emiten) dibanding tahun kemarin 16 Insya Allah di atas 30. Kita akan dorong pengembangan produk dana asing. Satu emiten, kedua produk baru. Ketiga margin, bentar lagi relaksasi margin jalan," pungkas Tito.


(SAW)