Bayar Utang Semen Tonasa

SMGR Terbitkan Obligasi Bertahap Rp8 Triliun

Dian Ihsan Siregar    •    Senin, 15 May 2017 14:57 WIB
semen indonesia
SMGR Terbitkan Obligasi Bertahap Rp8 Triliun
lustrasi. (ANTARA/Dhoni Setiawan).

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Semen lndonesia (Persero) Tbk  (SMGR) berencana menjalankan penerbitan obligasi lewat mekanisme Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) sebesar Rp8 triliun. Pada tahap pertama, perseroan akan menawarkan penawaran tahap l-2017 dengan jumlah pokok obligasi sebesar Rp3 triliun.

Obligasi sebesar Rp3 triliun memiliki jangka waktu lima tahun. Dengan kupon berada di kisaran 8-8,8 persen per tahun. Bunga obligasi akan dibayarkan setiap tiga bulan sesuai dengan tanggal pembayaran bunga obligasi. 

‎"Pagi ini baru meluncurkan public expose PUB obligasi Semen Indonesia dimulai Rp3 triliun," kata Direktur Utama Semen Indonesia, Rizkan Chandra, ditemui di Hotel Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Senin 15 Mei 2017.

Pada tahap kedua, menurut Rizkan, perseroan berencana menerbitkan obligasi sebesar Rp2 triliun di semester II-2017. Sedangkan ‎sisanya akan direalisasikan pada 2018.

Penerbitan obligasi sebesar Rp3 triliun setelah dikurangi biaya emisi, lanjut Rizkan, perseroan akan gunakan untuk refinancing utang kredit sindikasi anak perusahaan (PT Semen Tonasa) sebesar Rp1,37 triliun. Sisanya akan digunakan untuk modal kerja perseroan.

"‎Hal ini dimaksudkan untuk melalukan refinancing beberapa project terutama di Semen Tonasa," jelas Rizkan.

Demi menyukseskan penerbitan obligasi, perseroan telah ‎menunjuk PT Bahana Sekuritas, PT Danareksa Sekuritas, dan PT Mandiri Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi efek (underwriter).‎ Obligasi tersebut telah memperoleh hasil pemeringkatan AA+ dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo).

Adapun‎ masa penawaran awal (book building) obligasi ini akan dilakukan pada 15-29 Mei 2017, sedangkan perkiraan masa penawaran umum akan dilaksanakan pada 8 hingga 9 Juni 2017. Pencatatan Obligasi di Bursa Efek Indonesia direncanakan pada 15 Juni 2017. 



(SAW)