Rupiah Gerus Cadangan Devisa Februari jadi USD128,06 Miliar

Eko Nordiansyah    •    Rabu, 07 Mar 2018 17:59 WIB
cadangan devisa
Rupiah Gerus Cadangan Devisa Februari jadi USD128,06 Miliar
Ilustrasi. (Foto: Antara/Akbar Nugroho).

Jakarta: Bank Indonesia (BI) mencatat posisi cadangan devisa Februari 2018 mengalami penurunan sebesar USD3,92 miliar menjadi USD128,06 miliar dari posisi akhir Januari 2018 yang sebesar USD131,98 miliar. Salah satu penurunan cadangan devisa karena terdampak upaya stabilitas nilai tukar rupiah yang terdepresiasi.

"Penurunan cadangan devisa pada Februari 2018 tersebut terutama dipengaruhi oleh penggunaan devisa untuk pembayaran utang luar negeri pemerintah dan stabilisasi nilai tukar rupiah," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Agusman dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu, 7 Maret 2018.

Meski demikian, posisi cadangan devisa tersebut cukup untuk membiayai 8,1 bulan impor atau 7,9 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah. Selain itu, posisi cadangan devisa juga berada di atas standar kecukupan internasional sekitar tiga bulan impor.

Baca: Cadangan Devisa Diyakini Mampu Antisipasi Pelemahan Rupiah

"Bank Indonesia menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan," jelas dia.

Di samping itu, penurunan cadangan devisa juga dipengaruhi menurunnya penempatan valas perbankan di Bank Indonesia sejalan dengan kebutuhan pembayaran kewajiban valas penduduk.

"Ke depan, Bank Indonesia memandang cadangan devisa tetap memadai untuk mendukung ketahanan eksternal seiring dengan kuatnya prospek perekonomian domestik dan kinerja ekspor yang positif," pungkasnya.

Selain itu, akan terdapat tambahan devisa dari hasil penerbitan sukuk global pemerintah sebesar USD3,00 miliar pada Maret 2018. Bank Indonesia akan menjaga kecukupan cadangan devisa guna mendukung stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.


(AHL)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

6 hours Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA