Transcoal Pasific Siap Melantai di Pasar Modal

Annisa ayu artanti    •    Jumat, 06 Jul 2018 07:18 WIB
emitenbeipasar modalipo
Transcoal Pasific Siap Melantai di Pasar Modal
Ilustrasi (FOTO ANTARA/Rosa Panggabean)

Jakarta: PT Transcoal Pasific berencana merealisasikan listing atau Initial Public Offering (IPO) ‎di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada pagi ini. P‎erusahaan akan melepas saham sebanyak-banyaknya 1 miliar saham dengan harga penawaran Rp138 per saham.

Proses IPO ini akan dilakukan bertepatan dengan pembukaan perdagangan saham di pasar modal Indonesia Jumat, 6 Juli 2018. Transcoal Pasific akan menjadi emiten ke-23 yang mencatatkan sahamnya di bursa dengan kode ticker TCPI.

Dari aksi korporasi ini, perusahaan diperkirakan meraup dana segar lebih dari Rp138 miliar. Perusahaan telah menunjuk PT Investindo Nusantara Sekuritas dan PT Jasa Utama Capital Sekuritas selaku penjamin pelaksana emisi efek (underwriter). Catatan Medcom.id‎, dana hasil IPO seluruhnya akan digunakan sebagai modal kerja untuk kegiatan operasional.

Selama 2017, pendapatan usaha mencapai Rp650,38 miliar atau naik sebanyak 15 persen dari posisi sebesar Rp565,13 miliar. Posisi aset Transcoal mencapai Rp844,9 miliar atau tumbuh sebanyak 15 persen dari posisi sebesar Rp732,17 miliar.

Direktur Utama Transcoal Pacific Dirc Richard Talumewo mengatakan pihaknya berkomitmen untuk membagikan dividen atas laba bersih kepada pemegang saham. Besaran dividen itu yakni sebesar 20 persen dari laba, jika laba bersih mencapai Rp100 miliar dan sebesar 25 persen bila laba bersih di atas Rp100 miliar.

"Pembagian dividen akan dilakukan mulai dari 2019 berdasarkan laba bersih setelah pajak tahun buku 2018, dengan memperhatikan keputusan para pemegang saham dalam RUPS," pungkas dia.

 


(ABD)