BEI Terus Peringatkan Emiten Lakukan Free Float

Dian Ihsan Siregar    •    Senin, 09 Jul 2018 16:30 WIB
bei
BEI Terus Peringatkan Emiten Lakukan <i>Free Float</i>
IHSG (ANT/M Agung Rajasa).

Jakarta: Manajemen PT Bursa Efek Indonesia (BEI) meminta kepada emiten untuk membenahi kinerja bisnisnya masing-masing. Hal itu dilakukan agar perusahaan menjalankan free float sebesar 7,5 persen. Dia mengaku hingga saat ini masih ada perusahaan yang belum mematuhi aturan tersebut.

‎Menurut Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna Setia mengatakan seluruh emiten harus melaksanakan free float, begitu pula bagi emiten yang siap mencatatkan sahamnya di bursa. Namun, Nyoman mengaku, masih ada em‎iten yang belum menjalankan karena bisnis.

"Yang belum harus melakukan pembenahan bisnisnya. Kalau belum melakukan free float berarti ada yang salah dalam bisnis," ucap Nyoman, ditemui di Gedung BEI, ditemui di Gedung BEI, SCBD Sudirman, Jakarta, Senin, 9 Juli 2018.

Walaupun telah menyebutkan ada emiten yang belum menjalankan free float, tapi Nyoman belum bisa menyebutkan berapa jumlah emiten ‎tersebut. Pelaksanaan free float telah tertuang dalam Peraturan Direksi BEI Nomor Kep-00001/BEI/01-2014.

"Kami tidak bisa sebutkan, tapi aturan (free float) itu telah tertuang dalam aturan BEI," ungkap dia.

Aturan Free float telah efektif sejak Januari 2016.‎ Namun sampai saat ini masih belum banyak perusahaan yang telah menjalankan free float. Salah satu contoh perusahaan yang telah melakukan free float adalah PT HM Sampoerna Tbk (HMSP).

Tujuan melaksanakan free float, agar saham yang beredar lebih banyak dan likuiditas makin bertambah. Pada akhirnya, emiten bisa l‎ebih menjadi transparan.


(SAW)