IHSG Perdagangan Pagi Dibuka Melemah

Angga Bratadharma    •    Senin, 28 Nov 2016 09:33 WIB
ihsg
IHSG Perdagangan Pagi Dibuka Melemah
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)

Metrotvnews.com, Jakarta: Gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan pagi di awal pekan ini terpantau melemah sejalan dengan masih adanya ketidakpastian global. Namun demikian, tetap ada peluang IHSG bergerak menguat karena ada beberapa perbaikan yang terjadi di ekonomi Indonesia.

IHSG Senin, 28 November, perdagangan pagi melemah sebanyak 17,18 poin atau setara 0,3 persen ke posisi 5.104. Sedangkan saham unggulan LQ45 melemah sebanyak 2,91 poin atau setara 0,3 persen ke posisi 850 dan JII juga melemah sebanyak 1,08 poin atau setara 0,2 persen ke posisi 676.

Pagi ini, seluruh sektor bergerak kompak melemah. Sektor konsumer melemah sebanyak 11,13 poin, sektor pertambangan melemah sebanyak 7,62 poin, sektor perkebunan melemah sebanyak 6,80 poin, dan sektor infrastruktur melemah sebanyak 0,41 poin.

Baca: Indeks Diperkirakan Alami Koreksi Wajar

Volume perdagangan pada pagi ini tercatat sebanyak 2,7 miliar lembar saham senilai Rp662 miliar. Sebanyak 76 saham mengalami penguatan, sebanyak 107 saham mengalami pelemahan, sebanyak 103 saham tidak mengalami perubahan atau stagnan, dan sebanyak 290 saham tidak mengalami perdagangan.


Sumber: IMQ21

Sementara itu, ‎Kepala Analis PT Asjaya Indosurya Securities William Suryawijaya menerangkan, ‎indeks pada perdagangan hari ini masih akan dipengaruhi laju nilai tukar rupiah dan harga komoditas, sehingga adanya koreksi wajar harus dimanfaatkan investor dengan mengakumulasi pembelian.‎

"Pergerakan masih menunjukkan bahwa IHSG sedang berusaha menembus level resisten 5.291. Selain itu, investor dapat memanfaatkan momentum koreksi wajar untuk melakukan akumulasi pembelian," terang William.

Baca: Akhir Pekan, IHSG Stabil Menguat

Usai menguji support 5.088, terlihat gerak IHSG kembali menunjukkan potensi kenaikan yang cukup besar. Dalam rentang investasi jangka panjang, IHSG masih dalam kondisi uptrend. Hari ini IHSG berpotensi menguat.

 


(ABD)