Indeks Siap Menuju Level 5.881-5.920

Dian Ihsan Siregar    •    Jumat, 11 Aug 2017 09:16 WIB
ihsg
Indeks Siap Menuju Level 5.881-5.920
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bersiap melakukan reli naik menuju level 5.920. Kondisi itu dinilai mampu terjadi setelah di akhir perdagangan kemarin naik tipis ke posisi 5.825. Sejumlah sentimen positif diharapkan turut berdatangan dan mendukung pencapaian tersebut.

"Pelaku pasar sudah mulai mengangkat indeks. Jadi IHSG sulit terkoreksi ke 5.745 dan 5.650. Kini indeks siap mencoba naik ke posisi 5.920," ‎kata ‎Analis Senior PT KGI Sekuritas Indonesia Yuganur Wijanarko, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta, Jumat 11 Agustus 2017.

Sementara itu, ‎Kepala Analis PT Indosurya Mandiri Sekuritas William Suryawijaya menyatakan, potensi kenaikan indeks masih terus terlihat. Hal itu ditunjang oleh fundamental ekonomi yang masih kuat dan terjaga.

Selain itu, lanjut William, rilis defisit transaksi berjalan atau current account deficit (CAD) yang telah keluar juga akan memberikan warna untuk pergerakan IHSG pada hari ini.

"K‎onsolidasi masih terlihat ditengah capital outflow yang masih terjadi. Ketika indeks mampu menahan support di 5.768, maka level resisten 5.881 akan bisa digapai. Sepanjang hari ini IHSG berpeluang bergerak dalam zona hijau," jelas William.

M‎engamati keadaan tersebut, William merekomendasikan kepada pelaku pasar untuk mencermati beberapa pergerakan saham seperti PT Astra International Tbk (ASII), PT Summarecon Agung Tbk (SMRA), PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI), dan PT XL Axiata Tbk (EXCL).

Selain itu, perlu pula mencermati pergerakan saham seperti PT Kalbe Farma Tbk (KLBF), PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI), PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (TLKM), dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR).


(ABD)