Penguatan Rupiah Bisa Tertahan

Ade Hapsari Lestarini    •    Selasa, 11 Jul 2017 08:23 WIB
kurs rupiah
Penguatan Rupiah Bisa Tertahan
Ilustrasi. (FOTO: ANTARA/Yudhi Mahatma)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pergerakan rupiah terpantau mulai stabil dengan kecenderungan menguat, sejalan dengan pelemahan dolar AS di Asia pada perdagangan Senin.

Yield surat utang negara (SUN) juga terlihat mulai turun setelah sebelumnya naik signifikan. Namun demikian, penguatan rupiah bisa tertahan dengan pemerintah yang memperlemah asumsi nilai tukar menjadi Rp13.400 per USD untuk 2017.

"Consumer confidence index ditunggu hari ini, diperkirakan turun tipis," ujar Analis Samuel Sekuritas Indonesia Rangga Cipta, dalam analisa hariannya, di Jakarta, Selasa 11 Juli 2017.

Bloomberg, Senin 10 Juli 2017, mencatat mata uang rupiah menguat satu poin atau 0,01 persen dengan berada pada Rp13.398 per USD. Sementara Yahoo Finance melansir mata yang rupiah menguat sebanyak enam poin atau 0,04 persen dengan berada pada Rp13.396 per USD.

Rangga menambahkan, komitmen Bank of Japan (BoJ) untuk menambah stimulus, tidak hanya memperlemah yen tetapi juga meredakan tekanan naik yield obligasi global. Walaupun dolar index tetap kuat, kurs lain yang pasar obligasinya sempat tertekan sepanjang minggu lalu, mulai terlihat menguat.

"Penguatan dolar index juga mulai terbatas, dengan ekspektasi rilis data inflasi AS minggu ini yang cukup pesimistis," jelas dia.

 


(AHL)

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional
Sevel Tutup

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional

4 days Ago

Bangkrutnya usaha 7-Eleven (sevel) ditangan PT Modern Internasional Tbk (MDRN) meninggalkan ban…

BERITA LAINNYA